Jumat 19 Juli 2019, 17:43 WIB

Sampah Penuhi Saluran, PAL Jaya Beri Imbauan Pihak Hotel dan Mal

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Sampah Penuhi Saluran, PAL Jaya Beri Imbauan Pihak Hotel dan Mal

FOTO ANTARA
Petugas membersihkan limbah di salah satu sungai di Jakarta. Masyarakat diharapkan terbiasa untuk tidak membuang sampah sembarangan.

 

PD PAL Jaya memberikan imbauan kepada manajeman gedung di sekitar kawasan Kuningan, Jakarta Selatan agar tidak membuang sampah sembarangan. Pasalnya, berbagai sampah ditemukan telah menyumbat sejumlah saluran di pipa-pipa yang menuju pengelolaan limbah milik PD PAL Jaya. Dari hasil penelusuran PD PAL Jaya, utamanya sampah berasal dari hotel dan mal meskipun beberapa juga berasal dari perkantoran.

"Ya, beginilah. Itu kan bukan rahasia. Memang banyak sekali teman-teman di lapangan menjumpai. Itu tidak satu-satunya, banyak popok sekali pakai, banyak pakaian dalam, banyak plastik, macam-macamlah," kata Direktur Utama PD PAL Jaya, Subekti, ketika dihubungi, Jumat (19/7).

Baca juga: Pemprov Resmi Menggelar UKM Expo 2019

Adanya sumbatan di saluran limbah ini sebelumnya dilaporkan oleh beberapa pengelola gedung. PD PAL Jaya pun menelusurinya dan ditemukan cukup banyak sampah.

Menurutnya, berbagai macam sampah tersebut bisa menyumbat saluran air limbah akibat disebabkan ketidakdisiplinan pengunjung atau pengguna gedung dalam membuang sampah. Pihaknya terus menemukan sampah-sampah serupa hingga mencapai puluhan kilogram setiap harinya.

"Waktu itu ada keluhan. Kita temukan, kok meluap 'main hole' kita di tempat Kedutaan China sana. Kita telusur, mana yang menyumbat dan sebagainya. Sejak tanggal 2 Juli kemarin. Akhirnya ditemukanlah di belakang Kedutaan Malaysia," terangnya.

Menurutnya, pembersihan saluran air limbah memiliki kesulitan karena dalamnya saluran pipa hingga belasan meter di bawah tanah. Untuk itu, pihaknya pun menegaskan para pengelola gedung harus meningkatkan kedisiplinan pengunjung agar hal serupa tidak terulang.

Baca juga: Soal Balapan Formula E di Jakarta, Gubernur Anies: Confidential

"Kayak gini-gini kan merepotkan. Kami kan di saluran air. Saluran air ini kan di bawah tanah dan kalau sampai masuk ke situ kan itulah yang saya minta pengelola gedung itu untuk menyadarkan," ujarnya.

Sebelumnya, viral foto petugas kebersihan yang membersihkan kondom dan sampah popok sekali pakai di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (18/7) lalu. Sampah yang menyumbat pipa air limbah itu dibersihkan hingga mencapai 10 karung sampah. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Polda Metro Jaya Pulangkan 98 Karyawan Pinjol Ilegal di PIK

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 28 Januari 2022, 20:48 WIB
Tersangka V masih menjalani pemeriksaan untuk menelusuri siapa yang menjadi pimpinan perusahaan pinjol ilegal tersebut dan siapa investor...
Antara/Aprilio Akbar

Wagub DKI Sebut Bangun Sirkuit Formula E Bisa Dilakukan dengan Cepat 

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 28 Januari 2022, 19:02 WIB
"Mohon maaf, bukan bermaksud untuk menggampangkan, membangun sirkuit Formula E itu bisa cepat dikerjakan, beda kalau kita bangun...
dok Master Trust Law

Investasi Rajacoin Indonesia Dilaporkan Nasabahnya

👤RO/Micom 🕔Jumat 28 Januari 2022, 16:03 WIB
Nasabah tidak bisa mencairkan cek karena rekening PT MTI telah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya