Jumat 21 Juni 2019, 08:40 WIB

137 Kilogram Sabu Sitaan Dimusnahkan

mediaindonesia | Megapolitan
 137 Kilogram Sabu Sitaan Dimusnahkan

Medcom.id/Cindy
Konferensi pemusnahan narkoba -

 

Polisi memusnahkan 137 kilogram sabu yang disita dalam Operasi Poseidon atau operasi jalur laut yang dilakukan sejak April 2019 lalu. "Ada 137 kilogram sabu yang dimusnahkan. Semua berasal dari garis pantai sepanjang Pulau Sumatra. Ada TKP di darat, sudah melalui proses itu (via laut)," kata Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Kombes Krisno Halomoan Siregar di Mabes Polri, kemarin.

Menurut Direktorat IV Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Krisno, Operasi Poseidon digelar dengan fokus pada penyelundupan narkoba jalur laut. "Sabu itu berasal dari lima jaringan internasional Malaysia-Indonesia dengan 14 orang yang berperan sebagai kurir," terangnya.

Dia menambahkan 14 kurir itu telah ditetapkan sebagai tersangka dalam penangkapan di sepanjang garis pantai Pulau Sumatra, yakni di Perairan Aceh, Belawan, Banyuasin, dan Pekanbaru.

Krisno mengatakan penyelundupan sabu dari Malaysia dilakukan melalui kerja sama dengan kurir jaringan lokal. "Modusnya paket narkoba dikirim menggunakan kapal induk. Di tengah laut, paket akan dijemput oleh kurir yang menggunakan kapal nelayan untuk dibawa ke darat," paparnya.

Dia menegaskan operasi dan pemberantasan narkotika merupakan amanat Pasal 91 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2019 sehingga akan terus dilakukan. "Kami juga menggelar pertemuan dengan beberapa instansi untuk mencegah masuknya narkotika selundupan ke Indonesia," lanjutnya. (Fer/J-2)

Baca Juga

Antara

Ada ANBK Tingkat SMA, PTM di Jakarta Harus Ditunda

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 26 September 2021, 17:50 WIB
Dinas Pendidikan DKI Jakarta khawatir jika PTM terbatas tahap II tetap dijalankan selama ANBK tingkat SMA, dapat menciptakan kerumunan di...
Antara

Soal Polemik Formula E, DPRD DKI: Kami Juga Terkena Dampak

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 26 September 2021, 16:40 WIB
DPRD menyatakan juga akan mengalami kesulitan, jika menyetujui penggunaan APBD untuk Formula E, yang dinilai tidak bermanfaat bagi...
DOK Sinar Mas Land.

Dukung BNN, Sinar Mas Land Berpartisipasi dalam Kampanye Antinarkoba

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 13:54 WIB
Kedua lokasi tersebut dipilih mengingat posisinya yang strategis di BSD City serta arus lalu lintasnya yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya