Jumat 05 April 2019, 11:00 WIB

PLTSa Sumurbatu Tiga Kali Gagal Diuji Coba

PLTSa Sumurbatu Tiga Kali Gagal Diuji Coba

ANTARA/Mohammad Ayudha.
Petugas melakukan uji coba mesin Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)

 

Uji coba Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, kemarin, kembali gagal digelar. Pengelola PLTSa, PT Nusa Wijaya Abadi, mengaku belum siap lantaran mesin turbin yang masih rusak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bekasi, Jumhana Luthfi, mengatakan tim dari Dinas LH sudah mendatangi lokasi PLTSa. Namun, kerusakan mesin belum juga diperbaiki. "Teknisi yang memperbaiki bagian mesin yang rusak juga tidak datang-datang," ungkap Luthfi.

Berdasarkan rencana, uji coba kemarin itu merupakan uji coba ketiga. Jika uji coba ketiga itu gagal, pemerintah akan memberi rapor merah terhadap pengelolaan PLTSa. Itu karena dari hasil uji coba sebelumnya pada Kamis (14/3) dan Jumat (15/3), hasilnya sudah gagal.

"Pengujian kali ini enggak berjalan karena alasan yang sama seperti pengujian kedua, akibat mesin rusak," jelas Luthfi yang tak kuasa menutupi raut wajah kecewanya.

Pasalnya, pihaknya sudah berharap PLTSa itu sudah bisa dioperasikan secara maksimal mulai 2019. Apalagi, penyiapan proyeknya sudah dimulai sejak 2016.

Baca juga: Pemkot Bekasi Siapkan Lelang Dua Flyover

Presiden Direktur PT Nusa Wijaya Abadi Tenno Sujarwanto mengatakan, batalnya uji coba PLTSa kali ini lantaran pihaknya tak punya cukup orang untuk mengoperasikan mesin PLTSa. "Untuk 2 hari pengujian, saya harus menyiapkan 96 orang, sedangkan petugas yang ada di lapangan saat ini hanya 15 orang," katanya.

Ia menjelaskan, pengoperasian PLTSa membutuhkan petugas yang cukup banyak. Seperti halnya mesin PLTSa miliknya yang mampu memproduksi listrik berdaya 1,5 megawatt (MW). Sebanyak 16 orang per sif disiagakan untuk memilah sampah, mengecek kinerja turbin, tungku pemanas, dan sebagainya. (Gan/J-1)

Baca Juga

AFP

Hari Ini, PTPN Laporkan Rizieq Shihab ke Polisi

👤Siti Yona Rukmana 🕔Jumat 22 Januari 2021, 22:18 WIB
Rizieq dipolisikan terkait penggunaan lahan tanpa izin di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah, Kecamatan Megamendung,...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Anies Pasrahkan Koordinasi PPKM ke Pusat, PDIP Meradang

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 22 Januari 2021, 20:39 WIB
Padahal seharusnya, sambung Gilbert, para gubernur Jakarta dan daerah penyangga (Bodetabek) harus duduk...
Antara/Hafidz Mubarak A

DKI-Bodetabek Pastikan Bersinergi Selama PPKM

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 22 Januari 2021, 20:14 WIB
Menurutnya, sinergi dalam menanggulangi wabah covid-19 di antara pemerintah Jabodetabek sudah cukup...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya