Selasa 12 Maret 2019, 10:15 WIB

Pemprov Lirik Pinjaman Asing

Pemprov Lirik Pinjaman Asing

MI/ADAM DWI

 

Wakil Presiden Jusuf Kalla kemarin memimpin rapat koordinasi untuk percepatan pembangunan infrastruktur di Ibu Kota. Sedikitnya Rp571 triliun dibutuhkan untuk percepatan pembangunan itu.

"Pembiayaan untuk percepatan perbaikan pembangunan DKI Jakarta sebesar Rp571 triliun tidak akan dibebankan semuanya ke APBN," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seusai mengikuti rapat itu, kemarin.

Dalam rapat yang juga dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro itu, semua pihak sepakat akan mencari berbagai macam pola pendanaan agar tak membebani APBN. "Tidak semua menggunakan APBN, akan dicarikan model-model pendanaan yang ada. Tadi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani, kami sudah mendiskusikan sumber-sumber dananya," kata Anies.

Kementerian Keuangan dan Pemprov DKI Jakarta, lanjut Anies, telah menyusun tim kecil untuk menyusun rencana biaya perbaikan pembangunan, termasuk perencanaan keuangannya.

Model pendanaan pembangunan MRT Jakarta, sambungnya, termasuk salah satu yang dipertimbangkan untuk proyek pembangunan Ibu Kota.

Baca juga: Investasi Asing akan Hadirkan Teknologi Baru

"Pendanaan pembangunan MRT ialah contohnya. Kita mendapatkan pinjaman dari Jepang, kemudian pinjaman itu di-split, Pemprov membayar 51%, kemudian pemerintah pusat membayar 49% pinjaman itu," jelasnya.

Soal besaran dana yang sangat besar itu, sambung Anies, karena pembangunan akan menyentuh semua aspek infrastruktur, seperti transportasi, air bersih, perumahan, dan pengolahan limbah.

Di sektor transportasi, Pemprov DKI Jakarta dalam 10 tahun ini akan berupaya memperpanjang jalur MRT, dari saat ini 16 kilometer (km) menjadi 223 km. (Ssr/J-1)

Baca Juga

dok.ist

Pemkab Bogor Minta RS Mary-Warga Mediasi Soal Portal

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:45 WIB
SEBAGIAN masyarakat yang merupakan pasien mengeluhkan akses menuju Rumah Sakit (RS) Mary Cileungsi Hijau, yang dinilai agak terhambat...
MI/Ramdani

Wagub DKI Ungkap Rencana Pulau G Jadi Lokasi Hunian Masih Dibahas

👤Kautsar Widya P 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:18 WIB
"Belum ada bangunan permanen yang terlihat di pulau itu sampai saat ini. Nanti kita tunggu...
Antara

Pemprov DKI Janji Tutup Semua Tempat Prostitusi

👤Ant 🕔Sabtu 24 September 2022, 21:58 WIB
Riza meminta masyarakat untuk melaporkan adanya praktik prostitusi sehingga bisa segera...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya