Selasa 26 Juni 2018, 14:11 WIB

Jumlah Pendatang ke Ibu Kota Relatif Tetap

Yanurisa Ananta | Megapolitan
Jumlah Pendatang ke Ibu Kota Relatif Tetap

ANTARA/Muhammad Adimaja

 

DINAS Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta memprediksi jumlah pendatang baru ke Jakarta pasca-Lebaran tidak jauh dari jumlah pendatang tahun lalu.

“Kalau menurut saya enggak jauh-jauh lah dari tahun-tahun kemarin. Kalaupun dia turun paling 1,5% atau naik pun 1%,” kata Kepala Disdukcapil Edison Sianturi, Selasa (26/6).

Berdasarkan data Disdukcapil, selama tiga tahun terakhir jumlah pendatang baru cukup fluktuatif alias tidak menunjukan kenaikan atau penurunan. Pada 2015, jumlahnya sebanyak 70.500, 2016 sebanyak 86.000 dan tahun lalu mencapai 70.700 orang.

Arus pendatang baru memang sempat menanjak di tahun-tahun silam. Namun, tiga tahun belakangan angkanya tidak pernah menanjak signifikan. Kalaupun menurun, menurut Edison disebabkan adanya dana pembangunan di desa, mulai banyaknya sekolah-sekolah di desa dan ketiga, masyarakat desa memilih bekerja di kota-kota yang dekat dengan desanya.

“Misalnya, (desa) di Jawa Timur mengarah ke Surabaya. Seperti orang Jawa Tengah sudah mengarah ke Yogyakarta dan Semarang,” ujarnya. (OL-5)
 

Baca Juga

Antara

Ini Alasan Bharada E Tembak Brigadir J Pakai Senjata Brigadir RR

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:20 WIB
Setelah itu, Ferdy Sambo mengambil senjata milik Brigadir J dan menembakkannya ke dinding...
MI/RAMDANI

Ada Aksi Buruh, Hindari Kawasan Senayan dan DPR RI Besok

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:10 WIB
Berdasarkan informasi yang dihimpun, aksi buruh digelar oleh Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) dengan titik kumpul di bawah flyover...
DOK.MI

Polisi Gelar Rekonstruksi Pembunuhan Terapis Pijat di Hotel Senen

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:05 WIB
Rekonstruksi yang terdiri atas 54 adegan dari kasus tersebut mengurai peristiwa dari pelaku datang ke hotel hingga peristiwa pembunuhan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya