Senin 06 Maret 2023, 08:22 WIB

Enam WNI Hilang Akibat Kapal Terbalik di Pulau Sengketa Jepang

Putri Rosmalia | Internasional
Enam WNI Hilang Akibat Kapal Terbalik di Pulau Sengketa Jepang

Dok. Japan Forward
Peta Pulau Senkaku, Jepang

 

Sebanyak tujuh orang dinyatakan hilang dalam kecelakaan kapal yang terjadi di perairan dekat pulau kecil Jepang, Senkaku. Enam orang di antaranya adalah warga negara Indonesia (WNI). Mereka merupakan kru kapal yang terbalik pada Minggu, sore (6/3) waktu setempat. Pulau Senkaku yang menjadi lokasi kejadian hingga saat ini masih menjadi kawasan sengketa antara Jepang dan Tiongkok.

Petugas penjaga pantai Jepang mengatakan hingga saat ini proses pencarian masih dilakukan. Sebelumnya mereka sempat terdeteksi berada di kawasan perairan dekat pulau-pulau kecil kawasan Senkaku. Selain enam orang kru WNI, satu orang kru lain merupakan warga negara Taiwan.

Kapal mereka sebelumnya diketahui tengah berlayar di area utara Senkaku pada Minggu siang. Hingga sekitar pukul 1.30 siang hari petugas patroli masih bisa mendeteksi keberadaan mereka.

"Kami telah melakukan pencarian sejak Minggu sore. Pencarian terutama dilakukan di area bagian utara pulau dengan melibatkan petugas patroli dan angkatan laut," ujar juru bicara petugas penjaga pantai Jepang, Keisuke Nakao, pada AFP.

Selain melakukan pencarian di area permukaan dan dalam laut, pencarian juga telah dilakukan dengan menggunakan helikopter.

Media lokal Jepang mengatakan kapal tersebut merupakan milik warga Taiwan. Namun, otoritas Jepang mengatakan mereka masih belum mengetahui informasi pasti mengenai kepemilikan kapal tersebut. Sementara ini, hanya diketahui kapal tersebut merupakan kapal pencari ikan.

Saat ini, otoritas Jepang mengatakan mereka telah melakukan komunikasi dengan beberapa pihak termasuk petugas keamanan laut Taiwan yang wilayahnya berdekatan dengan lokasi kejadian. Mereka juga telah berupaya berkomunikasi dengan pihak Tiongkok untuk membantu pencarian.

 

(AFP/Z-9)

 

 

 

 

 

Baca Juga

AFP

Tidak Ada Korban WNI Dalam Penembakan Di Nashville

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Maret 2023, 11:45 WIB
Kementerian Luar Negeri RI memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban dalam peristiwa penembakan di sebuah...
AFP

Penembakan Di Sekolah Nashville Terencana

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Maret 2023, 10:50 WIB
Berdasarkan manifestonya, Kepala Kepolisian John Drake menyatakan aksi penembakan di sekolah di Nashville, Amerika Serikat,...
ANDY BUCHANAN / AFP

Humza Jadi Muslim Pertama Jabat PM Skotlandia

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 28 Maret 2023, 10:47 WIB
Dia akan menahkodai Partai Nasional Skotlandia (SNP) bersamaan dengan tuntutan kemerdekaan negaranya dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya