Selasa 24 Januari 2023, 15:44 WIB

Lula Kunjungi Argentina dalam Lawatan Luar Negeri Pertamanya

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Lula Kunjungi Argentina dalam Lawatan Luar Negeri Pertamanya

AFP
Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva

 

PRESIDEN Brazil Luiz Inacio Lula da Silva memulai perjalanan luar negeri pertama sejak terpilih. Dia rencananya akan mengadakan pertemuan dengan Alberto Fernandez di Buenos Aires. 

Menteri Luar Negeri Brasil Mauro Vieira mengatakan sebelum perjalanan bahwa Lula ingin membangun kembali jembatan dengan komunitas internasional setelah empat tahun kepemimpinan populis pendahulunya, Jair Bolsonaro.

Baca juga: Ukraina Rombak Pemerintahan di Tengah Skandal Korupsi

Kedua pemimpin sayap kiri ini akan membahas (integrasi gas) bilateral yang strategis dan mata uang bersama Amerika Selatan untuk arus keuangan dan perdagangan.

Lula, 77, tiba di istana kepresidenan Casa Rosada pada pukul 11:00 pagi, ditemani oleh istrinya Rosangela da Silva. Ia disambut oleh Fernandez dan Ibu Negara Fabiola Yanez.

Brasil adalah mitra dagang terbesar Argentina, menurut angka-angka resmi yang diterbitkan minggu lalu oleh lembaga statistik nasional INDEC.

Brasil adalah tujuan utama ekspor Argentina, sebesar 14,3 persen dan bernilai US$12,7 miliar pada tahun 2022.

Hampir 20 persen impor Argentina berasal dari Brasil, dengan nilai lebih dari 16 miliar dolar AS tahun lalu.

"Argentina adalah negara terpenting dalam hubungan diplomatik kami," kata Feliciano de Sa Guimaraes, direktur akademis Pusat Hubungan Diplomatik Brasil, kepada AFP.

Demikian juga, pemerintahan Fernandez sangat bergantung pada Brasil, tidak terkecuali dalam negosiasinya dengan Dana Moneter Internasional (IMF), yang memiliki utang sebesar 44 miliar dolar AS kepada Argentina.

Setelah pertemuan bilateral dengan Fernandez, Lula dijadwalkan untuk mengadakan pembicaraan pada sore hari dengan Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Namun, pertemuan tersebut dibatalkan dan sumber-sumber Brasil mengatakan kepada AFP bahwa Maduro telah membatalkan perjalanannya ke Argentina.

Kehadiran Maduro di Argentina telah menimbulkan kegemparan, dengan organisasi-organisasi sipil mengajukan pengaduan terhadap pemimpin Venezuela tersebut atas pelanggaran hak asasi manusia, dan beberapa politisi oposisi menuntut agar ia ditangkap pada saat kedatangannya. (AFP/OL-6)

Baca Juga

AFP

NATO Desak Rusia Hormati Perjanjian Nuklir dengan AS

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 12:46 WIB
Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) meminta Rusia menghormati perjanjiannya dengan Amerika Serikat (AS) mengenai senjata nuklir yang...
Dok.DPR RI

Terima Dubes Singapura, Muhaimin Siap Dorong Peningkatan Kerja Sama

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 08:00 WIB
"Kami bersepakat untuk terus berkomunikasi menjaga hubungan yang lebih produktif," ungkap Gus...
gavi.org

Nigeria Umumkan Status Darurat yang Disebabkan Demam Lassa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:19 WIB
Pemerintah Nigeria mengumumkan status darurat yang disebabkan demam Lassa, demikian menurut Pusat Pengendalian Penyakit Nasional...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya