Jumat 20 Januari 2023, 11:19 WIB

Eks Perwira Intelijen Swedia Jadi Mata-mata Rusia

 Cahya Mulyana | Internasional
Eks Perwira Intelijen Swedia Jadi Mata-mata Rusia

Ist/norway.postsen.com
Mantan perwira intelijen Swedia Peyman Kia.

 

PENGADILAN Stockholm, Swedia, telah menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada seorang mantan perwira intelijen Swedia Peyman Kia. Dia terbukti menjadi mata-mata untuk dinas intelijen militer Rusia selama lebih dari satu dekade.

Peyman, 42, bertugas di dinas keamanan dan kontra-intelijen Swedia, Sapo, dan di badan intelijen angkatan bersenjata, termasuk badan intelijen asing (Must) dan KSI atau unit rahasia yang berurusan dengan mata-mata Swedia di luar negeri.

Dia dinyatakan bersalah atas spionase yang diperparah dan penanganan dokumen rahasia yang tidak sah.

Hakim, Mans Wigen, mengatakan Kia telah menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk membantu Rusia, negara yang menjadi ancaman terbesar bagi Swedia.

Selain Peyman, majelis hakim juga memvonis adik laki-lakinya yang berusia 35 dengan hukuman 10 tahun penjara. Alasannya dia melakukan spionase, merencanakan kejahatan dan mengelola kontak dengan badan intelijen militer GRU Rusia.

Baca juga: Menlu Rusia Ancam Serang NATO dan UE Hingga Menyerah

Majelis hakim menyampaikan 45 dari 90 dokumen rahasia yang ditemukan setelah dikuasai Peyman.

Pengadilan mengatakan mereka telah bersama-sama dan bersama-sama, tanpa otorisasi dan untuk membantu Rusia dan GRU, memperoleh, meneruskan, dan berbagi informasi yang pengungkapannya kepada kekuatan asing dapat merusak keamanan Swedia.

Saudara laki-laki itu kelahiran Iran. Namun Peyman dan saudaranya itu berkewarganegaraan Swedia.

Keduanya membantah tuduhan tersebut dan diperkirakan akan mengajukan banding atas putusan tersebut. Mereka ditangkap pada 2021 ketika Sapo mencurigai keduanya telah memata-matai Moskow sejak 2011.

Ditemukan bahwa pada 2016-2017, Peyman menangani uang tunai senilai sekitar 550.000 kronor atau Rp.807ribu yang diyakini merupakan gaji dari Rusia. (The Guardian/Cah/OL-09)

Baca Juga

gavi.org

Nigeria Umumkan Status Darurat yang Disebabkan Demam Lassa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:19 WIB
Pemerintah Nigeria mengumumkan status darurat yang disebabkan demam Lassa, demikian menurut Pusat Pengendalian Penyakit Nasional...
Antara

RI Tegaskan Pentingnya Sentralisasi dan Kesatuan ASEAN

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:06 WIB
Negara anggota ASEAN juga harus menghormati prinsip demokrasi hukum internasional, hak asasi manusia dan ketentuan dalam Piagam...
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Bos Mafia Italia Ditangkap saat Menyamar jadi Koki Pizza

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 03 Februari 2023, 20:54 WIB
Edgardo Greco (63) dicari atas pembunuhan dua laki-laki bersaudara yang terbunuh dalam perang mafia antara dua geng di awal 1990-an,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya