Rabu 18 Januari 2023, 16:21 WIB

Mengenal Lebih Jauh Grand Bazaar di Turki yang Dikunjungi Hampir 40 Juta Orang Tahun Lalu

Mediaindonesia.com | Internasional
Mengenal Lebih Jauh Grand Bazaar di Turki yang Dikunjungi Hampir 40 Juta Orang Tahun Lalu

Dok. TGA
Suasana Grand Bazaar di Istanbul, Turki

 

SETELAH direnovasi, Grand Bazaar di Istanbul, Turki, semakin menarik bagi wisatawan. Tercatat pada 2022, sebanyak 39.766.801 orang mengunjungi lokasi ikonik yang terdiri dari ribuan toko tersebut.

Grand Baazar menyediakan segala jenis produk mulai dari tekstil hingga barang antik dan telah menjadi tempat tujuan berbelanja selama berabad-abad. Setelah direnovasi, kunjungan wisatawan ke Grand Baazar tercatat meningkat lebih dari 50% pada 2022, atau dari 25,5 juta pengunjung pada 2021, meningkat hingga mendekati 40 juta pengunjung pada 2022. Dengan angka tersebut, rata-rata 100.000 orang per hari mengunjungi Grand Bazaar pada tahun lalu.

Terletak di antara Nuruosmaniye, Mercan, dan Beyazıtt di Istanbul, sejarah Grand Bazaar dimulai sejak pertengahan abad ke-15. Dalam ruang lingkup sistem yayasan era Ottoman yang mencakup hampir seluruh kehidupan ekonomi sosial dan budaya, struktur seperti bazaar dibangun di dekat situs keagamaan serta situs sosial dan amal lainnya untuk memenuhi kebutuhan seperti biaya pemeliharaan dan perbaikan. 

Fondasi Grand Bazaar, salah satu landmark terpenting di Istanbul, diletakkan pada 1461 dengan struktur yang didirikan oleh Fatih Sultan Mehmet untuk mendatangkan penghasilan bagi Hagia Sophia. 

"Grand Bazaar, yang dari waktu ke waktu menjadi pusat perdagangan terpenting di kawasan ini, mulai berfungsi sebagai pusat keuangan penting di mana permata dan logam mulia dari seluruh dunia diperdagangkan," tulis Badan Promosi dan Pengembangan Pariwisata Turki (TGA) dalam keterangannya.

Ditetapkan tidak hanya sebagai yang tertua, tetapi juga sebagai pusat perbelanjaan terbesar di dunia, Grand Bazaar telah mengalami beberapa renovasi oleh arsitek terkenal, termasuk Sarkis Balyan, setelah mengalami berbagai kebakaran dan gempa bumi. 

Grand Bazaar yang dalam bahasa Turki ialah Kapalıçarşı, memiliki tempat sastra terkemuka, catatan perjalanan dan seni, serta terus menarik perhatian sebagai salah satu bazaar bersejarah yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Saat ini, Grand Bazaar dapat menampung hingga sekitar 2.500 tempat kerja dengan penambahan yang dibangun selama proses sejarah 500 tahun. Orang dapat menemukan banyak sekali produk, mulai dari karpet hingga tas, produk tekstil hingga perhiasan emas dan perak, dan dari barang antik hingga ubin. 

Pada bagian yang disebut Han (penginapan), di mana pengrajin Bazaar berada, terdapat sekitar 1.200 tempat kerja. Grand Bazaar buka pukul 08.30-19.30 pada musim panas dan pukul 08.30-19.00 pada musim dingin.

Kunjungan ke Grand Bazaar menawarkan kesempatan untuk menikmati suasana bersejarah di ?stanbul dan mengamati dinamika ekonominya, dengan kata lain, merasakan seluruh ?stanbul hanya melalui bazaar ini. 

"Pencarian barang yang sempurna di tempat ini seakan-akan mengajak Anda pada perjalanan yang menarik melalui jalan-jalan berliku dan lorong-lorong di Grand Bazaar, di mana akan banyak kafe dan restoran serta toko-toko yang mempesona yang akan Anda jumpai," imbh TGA.

TGA pun memberikan tips untuk berbelanja di Grand Bazaar, salah satu aturan emas disana ialah jangan lupa menawar setiap berbelanja. (RO/OL-7)

Baca Juga

AFP Peruvian Presidency

Belasan Orang Tewas Akibat Tanah Longsor di Peru Selatan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:55 WIB
Pihak berwenang setempat memperingatkan bahwa jumlah korban akibat bencana tersebut dapat...
Ist/DPR

Komisi I DPR Dorong Indonesia Berperan Aktif Wujudkan Perdamaian Dunia

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 09:11 WIB
Jazuli Juwaini Mendorong Indonesia untuk bisa berperan aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia dengan cara aktif mengkampanyekan kerukunan...
AFP

Putin Sampaikan Belasungkawa kepada Erdogan

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 07 Februari 2023, 08:28 WIB
PRESIDEN Rusia Vladimir Putin pada Senin (6/2), menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan setelah gempa bumi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya