Minggu 15 Januari 2023, 14:18 WIB

Tiongkok dan Hong Kong Lanjutkan Jalur Kereta Api Berkecepatan Tinggi

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Tiongkok dan Hong Kong Lanjutkan Jalur Kereta Api Berkecepatan Tinggi

AFP/Peter Parks
Ilustrasi kereta Hong Kong-Tiongkok

 

TIONGKOK melanjutkan layanan kereta api berkecepatan tinggi antara Hong Kong dan daratan untuk pertama kalinya sejak awal pandemi covid-19. Kondisi ini membuka pembatasan perjalanan setelah Beijing membatalkan karantina untuk kedatangan seminggu sebelumnya.

Pembukaan kembali dilakukan di tengah gelombang infeksi besar-besaran secara nasional dan sehari setelah pihak berwenang mengatakan hampir 60.000 orang dengan covid-19 meninggal di rumah sakit. Kebijakan nol-Covid yang tiba-tiba ini mendapatkan protes luas.

Terlepas dari infeksi, beberapa penumpang menyuarakan kegembiraan dan kelegaan karena dapat dengan lebih mudah kembali ke kampung halaman mereka pada saat mendekati Tahun Baru Imlek.

"Dimulainya kembali kereta api berkecepatan tinggi membuat kami sangat nyaman dan membawa kami lebih dekat ke rumah," kata Mang Lee, 33, yang masuk melalui pemeriksaan perbatasan di stasiun West Kowloon Hong Kong sebelum naik kereta.

“Selama tiga tahun terakhir, karena pandemi, tidak mudah untuk memasuki Tiongkok dengan cara apa pun,” tambah Meng, yang berasal dari Kota Selatan Guangzhou.

"Aku sudah lama tidak bisa pulang," imbuhnya.

Baca juga: Warga Hong Kong Tunggu Pembukaan Kembali Perbatasan Tiongkok

Lonjakan perjalanan menjelang perayaan liburan akan dimulai pada 21 Januari. Ratusan juta orang pulang dari kota ke kota kecil dan daerah pedesaan. Namun kondisi ini telah memicu kekhawatiran tentang lebih banyak infeksi.

Jumlah kematian yang diperbarui Sabtu (14/1) merupakan peningkatan besar dari angka sebelumnya, menyusul kritik global terhadap data virus corona Tiongkok. (AFP/OL-5)

Baca Juga

gavi.org

Nigeria Umumkan Status Darurat yang Disebabkan Demam Lassa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:19 WIB
Pemerintah Nigeria mengumumkan status darurat yang disebabkan demam Lassa, demikian menurut Pusat Pengendalian Penyakit Nasional...
Antara

RI Tegaskan Pentingnya Sentralisasi dan Kesatuan ASEAN

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:06 WIB
Negara anggota ASEAN juga harus menghormati prinsip demokrasi hukum internasional, hak asasi manusia dan ketentuan dalam Piagam...
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Bos Mafia Italia Ditangkap saat Menyamar jadi Koki Pizza

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 03 Februari 2023, 20:54 WIB
Edgardo Greco (63) dicari atas pembunuhan dua laki-laki bersaudara yang terbunuh dalam perang mafia antara dua geng di awal 1990-an,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya