Sabtu 14 Januari 2023, 12:02 WIB

Pasukan Rusia Kuasai Kota Soledar di Wilayah Timur Ukraina

Cahya Mulyana | Internasional
 

RUSIA mengumumkan pasukannya telah menguasai Kota Soledar di Ukraina timur. Pencapaian itu setelah pertempuran sengit antara serdadu Kremlin dengan pasukan Kyiv selama berminggu-minggu.

Namun Ukraina mengatakan pasukannya masih bertempur untuk mempertahankan Kota Soledar. Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim pada Jumat (13/1), bahwa pasukannya telah merebut kendali kota pertambangan garam tersebut.

“Penguasaan Soledar dimungkinkan akibat pengeboman terus-menerus oleh musuh dengan penyerangan dan penerbangan tentara, pasukan rudal, dan artileri dari sekelompok pasukan Rusia,” kata Menteri Pertahanan Rusia Sergey Kuzhugetovich Shoygu.

Ia mengatakan penguasaan kota ini akan memungkinkan Rusia untuk memotong jalur pasokan Ukraina di Bakhmut. Selain itu Rusia dapat mengepung pasukan Ukraina di Bakhmut m

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dalam pidato video larut malam pada Jumat (13/1), bahwa pasukan Kyiv terus memerangi pasukan Rusia di kota itu.

Baca juga: Putin Tunjuk Jenderal Tertinggi Pimpin Invasi di Ukraina

Sebelumnya, juru bicara militer Sergiy Cherevaty mengatakan pasukan Ukraina telah mengendalikan situasi dalam kondisi sulit. Jika Soledar jatuh, itu akan menandai keberhasilan militer bagi Kremlin setelah serangkaian kemunduran di medan perang dan mundur yang memalukan.

Tentara Ukraina sebelumnya mengatakan kepada Al Jazeera bahwa mereka memperkirakan Soledar akan segera jatuh ke Rusia. “Mereka mengatakan hanya ada sedikit tentara Ukraina yang tersisa di Soledar dan ada rencana untuk mengeluarkan sisanya,” kata reporter Aljazeera Charles Stratford yang melaporkan dari pinggiran Bakhmut.

Hilangnya Soledar akan memberi tekanan besar pada Bakhmut, 10 km (6,2 mil) selatan kota itu. Pemandangan di dalam kota Bakhmut hampir tidak ada satu bangunan pun yang masih utuh.

“Setelah sekitar dua jam (di dalam kota), kami diberi peringatan untuk bergerak oleh pasukan khusus Ukraina karena menurut intelijen mereka, sekitar 600 tentara Rusia terlihat memasuki timur laut Bakhmut dan mengambil posisi baru,” paparnya.

“Ini adalah fase perang yang sulit, tetapi kami akan menang. Tidak ada keraguan,” kata Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Malya.

Pengumuman dari Rusia itu datang setelah Grup Wagner, pasukan tentara bayaran Rusia yang sangat terlibat dalam perang di Ukraina, mengatakan para pejuangnya telah merebut Soledar. R

atusan tentara Rusia dan Ukraina diketahui telah tewas di Soledar, yang berada di wilayah Donetsk timur Ukraina, salah satu dari empat wilayah yang sebagian diduduki di timur dan selatan Ukraina yang dianeksasi secara sepihak oleh Moskow pada bulan September.

"Bahkan jika Bakhmut dan Soledar jatuh ke tangan Rusia, itu tidak akan memiliki dampak strategis pada perang itu sendiri, dan itu pasti tidak akan menghentikan atau memperlambat Ukraina," John Kirby, juru bicara US National Dewan Keamanan, kepada wartawan di Gedung Putih. (Aljazeera/Cah/OL-09)

Baca Juga

Ilustrasi

Pesawat Nirawak Israel Disebut Mampu Membawa 1 Ton Bom

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 22:55 WIB
Pesawat nirawak (drone) Israel mampu membawa bom gravitasi seberat 1 ton dan tidak menimbulkan suara atau asap ketika...
Antara

AS Ingin Bantu ASEAN Atasi Krisis di Myanmar

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 22:33 WIB
Amerika Serikat berharap dapat bekerja sama dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk mengatasi krisis politik di...
AFP/Bertha Wang

Hong Kong Tawarkan 500 Ribu Tiket Pesawat Gratis

👤Media Indonesia 🕔Kamis 02 Februari 2023, 17:32 WIB
Otoritas Hong Kong pada Kamis menawarkan 500 ribu tiket penerbangan gratis lewat promosi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya