Sabtu 14 Januari 2023, 10:45 WIB

Gaya Hidup Mewah Bolsonaro Terkuak, Keluarkan 24 Juta untuk Jajan Es Krim

Cahya Mulyana | Internasional
Gaya Hidup Mewah Bolsonaro Terkuak, Keluarkan 24 Juta untuk Jajan Es Krim

MAURO PIMENTEL / AFP
Mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro

 

Gaya hidup mewah eks Presiden Brasil Jair Bolsonaro diungkap ke publik dari catatan kartu kreditnya. Hanya dalam satu hari, Bolsonaro menghabiskan US$21ribu atau Rp322juta di restoran sederhana, US$10.700 atau Rp164juta di toko roti, dan US$1.600 atau Rp24,5 juta untuk memblokir es krim.

Catatan itu dikeluarkan pemerintah Brasil pada Jumat (13/1). Lebih dari 27,6 juta reais Brasil atau Rp.76,6 miliar dengan kurs saat ini dibebankan ke kartu kredit presiden selama masa jabatan empat tahunnya.

Bolsonaro menyembunyikan catatan kartu kredit para presiden sebelumnya namun kini dibongkar penerusnya, Luiz Inacio Lula da Silva.

Bolsonaro dan 21 anggota timnya memiliki akses ke kartu tersebut. Disesuaikan dengan inflasi yang dimulai pada 2003. Ia menggunakan kartu tersebut paling banyak untuk akomodasi saat bepergian ke luar negeri.

Bolsonaro sering mengklaim tidak membebankan satu sen pun ke kartu tersebut. Tetapi catatan yang baru dibuka oleh situs web berita Uol menemukan bahwa US$235ribu atau Rp.3,6miliar dihabiskan oleh Bolsonaro saat berlibur pada 2019, 2020, dan 2021.

Hampir US$14ribu atau Rp214juta dihabiskan untuk sekali kunjungan ke pom bensin, dan US$286ribu atau Rp4,3 miliar lainnya dihabiskan untuk beberapa kunjungan ke hotel mewah di Guaruja, sebuah resor tepi laut dekat Sao Paulo.

Menurut situs web G1, hotel tersebut menampung anggota rombongan Bolsonaro, sementara dia tinggal di kompleks militer. Pengeluaran makanan termasuk di antara item tagihan yang paling mencengangkan.

Pada satu kunjungan ke sebuah restoran di Boa Vista di negara bagian Roraima di Amazon, kartu itu digunakan untuk membayar tagihan lebih dari US$21ribu atau Rp1miliar.

Itu akan cukup untuk memesan dua ribu piring hidangan termahal di restoran dengan menu ayam panggang yang harganya kurang dari US$10 atau Rp.150ribu. Kartu itu juga digunakan untuk menagih lebih dari US$71ribu selama empat tahun di sebuah toko roti di Rio de Janeiro.

Dari jumlah ini, hampir US$11ribu atau Rp168,7 juta dihabiskan sekaligus, sehari setelah pernikahan putra Bolsonaro. Itu juga terjadi pada malam reli sepeda motor yang diselenggarakan oleh pendukung Bolsonaro di jalan-jalan Brasilia dan total lebih dari US$1.600 atau Rp.24,5 juta dihabiskan di toko es krim. (AFP/OL-12)

Baca Juga

AFP

PM Anwar Ibrahim Tunjuk Puterinya Jadi Penasihat Bidang Ekonomi

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:55 WIB
Anwar Ibrahim mengatakan bahwa Nurul Izzah tidak dibayar untuk peran penasihat senior. Penunjukan itu mulai berlaku pada 3 Januari...
Bulent Kilic/AFP

Militer Rusia Kuasai Desa Dekat Bakhmut di Donetsk

👤 Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:37 WIB
Rusia mengatakan telah merebut sebuah desa di pinggiran utara Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina. Desa Blahodatne, yang berjarak sekitar...
AFP/Handout / Pakistan

Korban Tewas Bom Bunuh Diri di Pakistan Jadi 100 Orang

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:33 WIB
Sebagian besar korban yang tewas dalam aksi pengeboman bunuh diri pada Senin (30/1) petang itu adalah anggota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya