Jumat 13 Januari 2023, 10:19 WIB

Biden Terancam Tiga Dakwaan atas Penyimpanan Arsip Rahasia

Cahya Mulyana | Internasional
Biden Terancam Tiga Dakwaan atas Penyimpanan Arsip Rahasia

AFP/MANDEL NGAN
Joe Biden

 

Presiden Joe Biden terancam tiga pelanggaran hukum atas penyimpanan arsip rahasia pemerintahan Amerika Serikat (AS). Oposisi, Partai Republik meminta badan intelijen mengusut tuntas penemuan di bekas kantor Biden itu.

"Saya diberi pengarahan tentang penemuan ini dan terkejut mengetahui bahwa ada catatan pemerintah yang dibawa ke sana ke kantor itu,” kata Biden di Mexico City, Meksiko, dilansir dari France24, Jumat (13/1).

Biden mengatakan pengacaranya sudah melaporkan temuan itu kepada Arsip Nasional. Dia mengaku tidak mengetahui isi dokumen rahasia dan cacatan kepresidenan yang ditemukan di bekas kantornya di Penn Biden Center, Washington. DC. "Saya tidak tahu apa yang ada di dokumen," jelasnya.

Anggota Senat dari Partai Republik Mike Turner mengirimkan permintaan kepada Direktur Intelijen Nasional Avril Haines untuk menyelidiki temuan ini. Sebab tindakan Biden tersebut berpotensi melanggar undang-undang yang melindungi keamanan nasional, termasuk Undang-Undang Spionase dan Undang-Undang Catatan Presiden.

“Mereka yang diberi kepercayaan untuk mengakses informasi rahasia memiliki tugas dan kewajiban untuk melindunginya.Masalah ini menuntut tinjauan penuh dan menyeluruh,” kata Turner dalam suratnya kepada Haines.

Sementara Anggota Partai Republik lain juga masuk dalam Komite Pengawas DPR AS James Comer, mengirim surat ke kantor Penasihat Gedung Putih untuk meminta salinan dokumen yang ditemukan di kantor Biden. Berikut juga salinan komunikasi tentang penemuan tersebut, dan daftar orang-orang yang memiliki akses ke kantor tempat dokumen itu ditemukan. (France24/OL-12)

Baca Juga

BAY ISMOYO / AFP

Indonesia akan perluas dana COVID-19 jadi ASEAN Response Fund

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 16:15 WIB
Rencana tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pertemuan para menlu ASEAN, yakni ASEAN Foreign Ministers'...
Bulent KILIC / AFP

Jerman Klaim Punya Bukti Kejahatan Perang di Ukraina

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:09 WIB
Jerman Klaim Punya Bukti Kejahatan Perang di...
AFP/Dimitar DILKOFF

Kanada Jatuhkan Sanksi kepada Rusia, Moskow Janjikan Aksi Balasan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:38 WIB
PEMERINTAH Kanada pada menjatuhkan sanksi terhadap 38 individu dan 16 lembaga yang dianggap terlibat dalam menyebarkan disinformasi dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya