Kamis 12 Januari 2023, 16:47 WIB

Kanada Kirim Bantuan ke Haiti untuk Lawan Geng Kriminal

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Kanada Kirim Bantuan ke Haiti untuk Lawan Geng Kriminal

AFP
Potret sejumlah warga Haiti.

 

PEMERINTAH mengirimkan bantuan kendaraan lapis baja untuk Haiti dalam upaya melawan kelompok kriminal. Diketahui, negara di Kepulauan Karibia itu tengah menghadapi krisis kemanusiaan.

Dalam pernyataan resmi, Kementerian Luar Negeri Kanada menyebut pesawat militer juga melakukan pengiriman ke Kepolisian Nasional Haiti di Kota Port-au-Prince. Geng kriminal Haiti menguasai sebagian besar negara, sejak pembunuhan Presiden Jovenel Moise pada 2021. Insiden itu menyebabkan baku tembak rutin dengan kepolisian.

Baca juga: Haiti dan PBB Minta Bantuan Internasional Terkait Penyebaran Kolera

Tahun lalu, ratusan orang tewas dalam pertempuran di mana geng kriminal memblokir terminal bahan bakar selama hampir enam minggu. Aksi tersebut menghentikan sebagian besar kegiatan ekonomi di Haiti.

Kanada dan Amerika Serikat (AS) menyediakan kendaraan taktis dan lapis baja, serta perbekalan lainnya pada Oktober lalu, setelah Haiti mendesak masyarakat internasional untuk mengirimkan pasukan bersenjata khusus. 

Selain itu, Kanada juga memberikan sanksi kepada warga Haiti yang dituduh memiliki hubungan dengan geng kriminal. Termasuk, mantan presiden, dua mantan perdana menteri, serta tiga pengusaha terkenal. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menegaskan bahwa sanksi dan bantuan itu membuat perbedaan.

Baca juga: Kunjungi Meksiko, Joe Biden Bahas Pembatasan Imigran

“Kita semua sangat sadar bahwa keadaan bisa menjadi lebih buruk di Haiti dan itulah mengapa Kanada dan mitranya, termasuk AS, sedang mempersiapkan berbagai skenario jika hal itu mulai menjadi lebih buruk,” kata Trudeau

Kanada siap melanjutkan dukungan, namun krisis kemanusiaan di Haiti harus diselesaikan secara internal. Komentar Trudeau muncul saat dirinya menghadiri KTT Pemimpin Amerika Utara bersama dengan Presiden AS Joe Biden dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.(Aljazeera/OL-11)

Baca Juga

AFP/Abdul MAJEED

Ledakan di Masjid di Pakistan Tewaskan 61 Orang

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 31 Januari 2023, 05:11 WIB
Ledakan itu terjadi saat salat magrib di ibu kota Peshawar di area yang berada dekat dengan perbatasan...
Antara

Menlu: Meski Sulit, RI Berkomitmen Dorong Perdamaian di Myanmar

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:02 WIB
Indonesia siap mengedepankan strategi dialog dengan pihak yang terlibat konflik di Myanmar. Kekuatan ASEAN diharapkan menfasilitasi dialog...
AFP/Azwar Ipank.

Kasus Rasmus Paludan, Indonesia Panggil Dubes Swedia Kampanyekan Pluralisme

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:52 WIB
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri sudah menyampaikan secara langsung sikap terkait aksi tidak terpuji yang dilakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya