Selasa 10 Januari 2023, 11:29 WIB

Para Pendukung Bolsonaro Dicap Sebagai Teroris

 Cahya Mulyana | Internasional
 

PRESIDEN terpilih Luiz Inacio Lula da Silva mengutuk penyerbuan Gedung Mahkamah Agung, Kongres dan Istana Presiden Brasil. Para demonstran yang berasal dari pendukung eks Presiden Jair Bolsonaro sebagai teroris.

Menteri Kehakiman Brasil Flavio Dino mengatakan kerusuhan penyerbuan ke gedung-gedung pemerintahan pada Minggu (8/1), itu merupakan terorisme.dan kudeta.

“Mereka tidak akan berhasil menghancurkan demokrasi Brasil. Itu perlu kita sampaikan sepenuhnya, dengan segala ketegasan dan keyakinan,” kata Dino.

Sementara Menteri Hubungan Kelembagaan Alexandre Padilha mengumumkan semua bangunan yang rusak akan diperiksa untuk bukti. Para perusuh bermaksud untuk memicu kerusuhan di seluruh negeri.

Baca juga: Presiden Brasil Terpilih Lula Tuduh Aparat Sekongkol dengan Bolsonaro

Pada Senin (9/1), ratusan tentara dan polisi dikerahkan untuk membongkar tenda-tenda demonstran di jalan-jalan Brasilia.

Tenda-tenda tersebut ditemapati sekitar 3.000 pendukung Bolsonaro. Sekitar seribu lima ratus orang ditangkap di lokasi protes.

Polisi anti huru hara dikerahkan untuk mengunci Three Powers Square di Brasilia, wilayah yang dipadati rumah dan gedung-gedung ikonik yang berfungsi sebagai markas dari tiga cabang pemerintahan. (Aljazeera/Cah/OL-09)

Baca Juga

AFP/Asif HASSAN

Komunitas Yahudi Swedia: Mengizinkan Pembakaran Al Quran Kesalahan Besar

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Januari 2023, 22:06 WIB
Swedia memiliki UU mengenai kebebasan berekspresi dan protes, tetapi UU tersebut seharusnya tidak melewati batas hingga mengarah pada...
Yasin AKGUL / AFP

Pemeluk Yahudi Swedia: Izin Membakar Al Quran Kesalahan Besar

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:59 WIB
Swedia memiliki UU mengenai kebebasan berekspresi dan protes, tetapi UU tersebut seharusnya tidak melewati batas hingga mengarah pada...
AFP

Zelensky Masih Enggan Bernegosiasi dengan Vladimir Putin

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 26 Januari 2023, 17:11 WIB
Menurut Zelensky, pembicaraan dapat dilakukan jika Putin menarik pasukan militernya dari Ukraina. Serta, mengakui kesalahan Rusia atas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya