Sabtu 07 Januari 2023, 19:15 WIB

Albanese: Australia Barat Dilanda Darurat Banjir yang Mengerikan

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Albanese: Australia Barat Dilanda Darurat Banjir yang Mengerikan

AFP/Muhammad FAROOQ
Banjir yang melanda Australia akibat luapan Sungai Hawkesbury, barata laut Sydney, Jumat (6/1).

 

PERDANA Menteri Australia Anthony Albanese mengatakan pada Sabtu (7/1) pemerintahnya siap untuk memberikan dukungan apa pun yang diperlukan bagi penduduk negara bagian Australia Barat. Pasalnya, banjir yang memecahkan rekor telah mengisolasi komunitas yang jauh di sana.

Krisis di Kimberley dipicu oleh sistem cuaca buruk Ellie, yakni bekas topan tropis yang membawa hujan lebat ke wilayah yang luas tersebut.

Di antara lokasi yang paling terpukul adalah Fitzroy Crossing, sebuah kota berpenduduk sekitar 1.300 orang di mana perbekalan diterbangkan karena banjir, yang menurut pihak berwenang adalah rekor terburuk di negara bagian itu.

Albanese mengatakan pemerintah Partai Buruh-nya bekerja secara konstruktif dengan Pemerintah Australia Barat mengenai krisis di wilayah berpenduduk jarang yang juga mencakup kota resor Broome.

"Banjir ini memiliki dampak yang menghancurkan, banyak dari komunitas ini ... adalah komunitas yang bekerja keras, dan sumber dayanya tidak ada di lapangan," kata Albanese kepada wartawan di Kota Geelong, di negara bagian Victoria.


Baca juga: 29 Orang Tewas dalam Penangkapan Putra Gembong Narkoba Meksiko


"Pemerintah saya siap memberikan dukungan apa pun yang diminta."

Otoritas darurat Australia Barat mengatakan pesawat Angkatan Pertahanan Australia digunakan untuk membantu komunitas yang dilanda banjir, dan helikopter Chinook sedang dalam perjalanan untuk membantu merelokasi penduduk yang terkena dampak.

Peramal cuaca nasional mengatakan cuaca buruk tidak lagi terjadi di negara bagian itu tetapi situasinya akan terus dipantau dan peringatan lebih lanjut akan dikeluarkan jika perlu.

Keadaan darurat di ujung barat laut negara itu terjadi setelah banjir yang sering terjadi di timur Australia selama dua tahun terakhir karena peristiwa cuaca La Nina selama bertahun-tahun, biasanya terkait dengan peningkatan curah hujan.

Beberapa daerah telah mengalami empat krisis banjir besar sejak tahun lalu. (AFP/OL-16)

Baca Juga

Dok Kementerian Luar Negeri

Indonesia Salurkan Bantuan Tahap I untuk Korban Gempa Turki

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:47 WIB
Kondisi di lokasi gempa tergolong berat sehingga menyulitkan akses masuk, khususnya di Gaziantep City Center, Nurdagi, Hatay dan...
AFP

Zelensky Kunjungi Inggris untuk Jemput Bantuan

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:50 WIB
Ukraina akan mendapatkan bantuan dari Inggris berupa pelatihan pilot jet...
AFP/Citra satelit ©2023 Maxar Technologies.

Kebanyakan WNI di Suriah dan Turki Berada di Zona Aman

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:33 WIB
MAYORITAS Warga Negara Indonesia (WNI) di Suriah dan Turki dalam kondisi selamat dan berada di daerah yang tidak terdampak gempa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya