Senin 02 Januari 2023, 11:23 WIB

Bandara Damaskus tidak Berfungsi Diserang Rudal Israel, 2 Orang Tewas

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Bandara Damaskus tidak Berfungsi Diserang Rudal Israel, 2 Orang Tewas

AFP
Ilustrasi: Bandara Damaskus

 

Tentara Suriah mengatakan pada hari Senin (2/1) bahwa Israel telah melakukan serangan rudal di Bandara Internasional Damaskus dan menghentikan layanannya. Serangan yang terbaru dari serangkaian serangan yang menargetkan aset terkait dengan Iran.

Serangkaian rudal yang diluncurkan dari udara telah menghantam bandara pada pukul 2 pagi, kata tentara dalam sebuah pernyataan. Mereka datang dari arah Danau Tiberias di Israel.

Rudal juga menghantam sasaran di selatan Damaskus, menewaskan dua anggota angkatan bersenjata Suriah dan menyebabkan beberapa kerusakan, kata tentara.

Sebelumnya, dua sumber intelijen regional mengatakan serangan itu mengenai pos terdepan di dekat bandara Pasukan Quds Iran dan milisi yang didukungnya. Kehadiran mereka telah menyebar di Suriah dalam beberapa tahun terakhir.

Pasukan Pertahanan Israel tidak segera mengomentari serangan itu. Tahun lalu, Israel mengintensifkan serangan di Damaskus Internasional dan bandara sipil lainnya untuk mengganggu peningkatan penggunaan jalur pasokan udara Teheran untuk mengirimkan senjata ke sekutu di Suriah dan Lebanon, termasuk Hizbullah.

Suriah menghentikan penerbangan ke dan dari bandara pada bulan Juni selama hampir dua minggu setelah serangan Israel menyebabkan kerusakan parah pada infrastruktur, termasuk landasan pacu dan terminal.

Israel menembakkan rudal ke Damaskus Internasional lagi pada bulan September, ketika itu juga menyerang bandara sipil terbesar kedua di negara itu, di kota utara Aleppo, membuatnya tidak beroperasi selama beberapa hari.

Sumber-sumber intelijen Barat dan regional mengatakan Teheran telah mengadopsi transportasi udara sipil sebagai cara yang lebih andal untuk mengangkut peralatan militer ke pasukannya dan ke pejuang sekutu di Suriah, setelah gangguan pasokan darat oleh Israel.

Israel telah berulang kali membom sasaran milisi yang didukung Iran di Suriah dalam beberapa tahun terakhir, mengatakan tujuannya adalah untuk mengikis kehadiran militer Teheran, yang menurut sumber intelijen Barat telah berkembang di negara yang dilanda perang itu. (AFP/OL-12)

Baca Juga

AFP Peruvian Presidency

Belasan Orang Tewas Akibat Tanah Longsor di Peru Selatan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:55 WIB
Pihak berwenang setempat memperingatkan bahwa jumlah korban akibat bencana tersebut dapat...
Ist/DPR

Komisi I DPR Dorong Indonesia Berperan Aktif Wujudkan Perdamaian Dunia

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 09:11 WIB
Jazuli Juwaini Mendorong Indonesia untuk bisa berperan aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia dengan cara aktif mengkampanyekan kerukunan...
AFP

Putin Sampaikan Belasungkawa kepada Erdogan

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 07 Februari 2023, 08:28 WIB
PRESIDEN Rusia Vladimir Putin pada Senin (6/2), menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan setelah gempa bumi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya