Minggu 01 Januari 2023, 16:50 WIB

Lula Da Silva Dilantik sebagai Presiden Brasil Hari Ini

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Lula Da Silva Dilantik sebagai Presiden Brasil Hari Ini

AFP/Mauro Pimentel.
Seorang pendukung Presiden terpilih Luiz Inacio Lula da Silva mengenakan kostum Lula di depan hotel tempatnya menginap di Brasilia.

 

LUIZ Inacio Lula da Silva akan dilantik pada Minggu (1/1) untuk yang ketiga kali sebagai Presiden Brasil. Pelantikan itu dicemooh oleh Jair Bolsonaro yang kalah.

Pengambilan sumpah akan menutup kembalinya politik yang luar biasa bagi Lula, 77, yang kembali ke istana kepresidenan di Brasilia kurang dari lima tahun setelah dipenjara atas tuduhan korupsi yang kontroversial dan sejak itu dibatalkan. Sebagai tanda bekas luka yang tersisa dari pertarungan pemilihan Lula dengan mantan pemimpin sayap kanan Bolsonaro pada Oktober, keamanan akan sangat ketat pada upacara yang dipenuhi kemegahan di ibu kota.

Sekitar 8.000 polisi, termasuk lebih dari 1.000 petugas federal, menjadi rekor pengerahan untuk pelantikan presiden di Brasil. Langkah-langkah yang ditingkatkan dilakukan setelah seorang pendukung Bolsonaro ditangkap pekan lalu karena menempatkan truk tangki yang dipasangi bahan peledak di dekat bandara Brasilia. Ini katanya bertujuan menabur kekacauan di negara Amerika Selatan itu.

Bolsonaro sendiri meninggalkan Brasil menuju negara bagian Florida di AS pada Jumat. Dia dilaporkan ingin menghindari keharusan menyerahkan selempang presiden kepada musuh bebuyutannya seperti yang ditetapkan tradisi.

Penghinaan itu hampir tidak menyurutkan semangat pesta untuk Lula dan 300.000 orang yang diharapkan hadir pada upacara tersebut dan konser besar yang akan menampilkan aksi mulai dari legenda samba Martinho da Vila hingga waria Pabllo Vittar. Ribuan pendukung Lula membanjiri ibu kota, bepergian dengan pesawat, mobil, dan bahkan sepeda untuk berkemah di dekat Esplanade of Ministries. (AFP/OL-14)

Baca Juga

dok.AFP

Tentara dan Polisi Bersihkan Jalan dari Pengunjuk Rasa Peru

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 27 Januari 2023, 13:25 WIB
PEMERINTAH Peru mengerahkan polisi dan tentara untuk membongkar penghalang di jalan raya untuk memperlancar distribusi bahan pokok dan...
AFP

Jepang Perketat Sanksi terhadap Rusia dan Perluas Daftar Larangan Ekspor

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 27 Januari 2023, 11:49 WIB
Mereka menambahkan beberapa barang ke dalam daftar larangan ekspor dan membekukan aset-aset para pejabat dan entitas-entitas...
Alaa BADARNEH / POOL / AFP

Presiden Palestina Umumkan Berkabung Nasional Atas Peristiwa di Kamp Jenin

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 09:15 WIB
Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Kamis (26/1) mengumumkan hari berkabung nasional selama tiga hari bagi warga Palestina yang tewas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya