Rabu 28 Desember 2022, 08:10 WIB

Kemenlu Tiongkok Tanggapi Kebijakan Jepang Atas Pengetatan Perbatasan

Mediaindonesia.com | Internasional
Kemenlu Tiongkok Tanggapi Kebijakan Jepang Atas Pengetatan Perbatasan

AFP
Ilustrasi

 

Kementerian Luar Negeri Tiongkok (MFA) menanggapi kebijakan pemerintah Jepang yang akan memperketat pengendalian perbatasan terhadap warga negara Tiongkok.

“Kami selalu percaya bahwa semua negara dalam menerapkan kebijakan tanggap Covid-19 harus didasari sains,” kata juru bicara MFA Wang Wenbin di Beijing, Selasa (27/12).

Semua negara, termasuk Jepang, lanjut dia, akan bersikap proporsional tanpa memberikan dampak terhadap pertukaran antar-masyarakat.

Ia menjelaskan bahwa sejak Covid-19 mulai merebak pada tiga tahun yang lalu, Tiongkok telah mengambil langkah-langkah yang tepat secara ilmiah.

“Kebijakan tersebut terarah dan responsif terhadap situasi yang berkembang dan telah disesuaikan dengan perkembangan sosial ekonomi,” katanya.

Bahkan kebijakan antipandemi Tiongkok itu telah memberikan kontribusi secara signifikan terhadap dunia global dalam memerangi pandemi dan menciptakan pemulihan ekonomi dunia.

Pernyataan Wang dalam pengarahan pers tersebut sebagai bentuk tanggapan atas kebijakan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida yang mewajibkan para pelaku perjalanan internasional dari Tiongkok untuk menunjukkan hasil tes negatif PCR yang berlaku mulai 30 Desember 2022.

Jika hasilnya positif, maka mereka akan diwajibkan melakukan karantina selama tujuh hari.

Dalam kesempatan tersebut, Wang juga mengumumkan bahwa Tiongkok akan membebaskan pelaku perjalanan internasional yang tiba di negaranya dari kewajiban karantina mulai 8 Januari 2023.

Kebijakan baru tersebut merupakan tindak panjut dari pelonggaran protokol kesehatan antipandemi Covid-19 yang dikeluarkan pada 7 Desember 2022.

Pelonggaran kebijakan itu dikeluarkan pada saat Tiongkok sedang dilanda gelombang Omicron subvarian BF.7 yang diperkirakan telah menulari sekitar 250 juta warga setempat. (Ant/OL-12)

Baca Juga

gavi.org

Nigeria Umumkan Status Darurat yang Disebabkan Demam Lassa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:19 WIB
Pemerintah Nigeria mengumumkan status darurat yang disebabkan demam Lassa, demikian menurut Pusat Pengendalian Penyakit Nasional...
Antara

RI Tegaskan Pentingnya Sentralisasi dan Kesatuan ASEAN

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:06 WIB
Negara anggota ASEAN juga harus menghormati prinsip demokrasi hukum internasional, hak asasi manusia dan ketentuan dalam Piagam...
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Bos Mafia Italia Ditangkap saat Menyamar jadi Koki Pizza

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 03 Februari 2023, 20:54 WIB
Edgardo Greco (63) dicari atas pembunuhan dua laki-laki bersaudara yang terbunuh dalam perang mafia antara dua geng di awal 1990-an,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya