Kamis 01 Desember 2022, 17:00 WIB

Tiongkok Berduka atas Kematian Mantan Pemimpin Jiang

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Tiongkok Berduka atas Kematian Mantan Pemimpin Jiang

Mike FIALA / AFP
Jiang Zemin

 

Aplikasi seluler dan situs web media pemerintah berubah menjadi hitam-putih, bendera di beberapa gedung pemerintah di Beijing dikibarkan setengah tiang dan bunga diletakkan saat Tiongkok berduka atas kematian mantan pemimpin Jiang Zemin pada Kamis (1/12).

Media pemerintah mengatakan Jiang telah meninggal karena leukemia dan kegagalan beberapa organ di Shanghai pada hari Rabu pada usia 96 tahun setelah semua perawatan medis gagal, dan persiapan pemakaman telah dimulai.

Bunga upeti diletakkan di kampung halaman Jiang di Yangzhou dan dekat Shanghai, di mana polisi dikerahkan pada Kamis pagi di sekitar persimpangan dekat rumah sakit tempat dia dikabarkan meninggal, wartawan AFP melihat.

Sekitar pukul 12:45 (0445 GMT), mereka melihat konvoi kendaraan datang dari arah rumah sakit, dipimpin oleh sebuah mobil yang tampak seperti karangan bunga kuning di kap mobilnya. Konvoi kemudian menuju ke arah bandara Hongqiao.

Satu jam sebelumnya, polisi memerintahkan pejalan kaki untuk meninggalkan persimpangan saat para pejalan kaki yang masuk bus berkumpul di sekitar persimpangan dengan mengenakan pakaian berwarna kusam dan masker wajah.

Gambar yang dikirim ke AFP oleh seseorang yang tinggal di sepanjang salah satu jalan utama di dekatnya menunjukkan orang-orang berbaris di trotoar memegang bunga krisan putih, bunga pemakaman tradisional Tiongkok.

Beberapa memegang spanduk bertuliskan "Semoga perjalanan Anda aman, teman lama". Pejabat berbaju kuning berbaris di jalan, beberapa bertengger di gedung-gedung tinggi yang menghadap ke jalan raya.

Seorang penduduk setempat mengatakan kepada AFP bahwa dia menerima pemberitahuan mendadak pada Rabu malam bahwa sekolah anaknya akan ditutup keesokan harinya karena "alasan lalu lintas".

Dia menambahkan bahwa dia dilarang meninggalkan kompleks perumahannya sebelum jam 5 sore pada hari Kamis dan disuruh menutup jendela apartemennya, tanpa alasan yang jelas.

Komite pemakaman Jiang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping, kata media pemerintah. Tidak ada tanggal yang diberikan untuk acara tersebut, tetapi diperkirakan akan diadakan di Beijing. (AFP/OL-12)

Baca Juga

Presiden Jokowi menabuh rebana di acara Kick-Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Bundaran HI, Minggu (29/1)

Kepemimpinan Indonesia di ASEAN Diyakini Mampu Ciptakan Solusi Positif bagi Dunia

👤Adiyanto 🕔Minggu 29 Januari 2023, 20:38 WIB
ASEAN memiliki misi memastikan kawasannya tetap menjadi titik terang dalam perekonomian...
Antara

RI Siap Ajak Myanmar dalam Forum ASEAN

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 29 Januari 2023, 16:56 WIB
Indonesia akan menggunakan posisi Keketuaan ASEAN untuk membantu Myanmar menyelesaikan ketidakpastian politik dan keluar dari krisis...
GP Canal / AFP

Bus Masuk Jurang di Peru Tewaskan 24 Penumpang

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 29 Januari 2023, 16:49 WIB
Sebuah bus yang membawa 60 penumpang, termasuk warga Haiti yang tidak diketahui jumlahnya, jatuh dari tebing di barat laut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya