Rabu 23 November 2022, 10:29 WIB

Putin dan Anwar Ibrahim Sampaikan Belasungkawa atas Bencana di Cianjur

Cahya Mulyana | Internasional
Putin dan Anwar Ibrahim Sampaikan Belasungkawa atas Bencana di Cianjur

AFP/Adek Berry
Kerusakan akibat gempa Cianjur

 

PARA pemimpin dunia menyampaikan bela sungkawa atas musibah gempa bumi yang melanda Cianjur. Presiden Rusia Vladimir Putin mengaku ikut berduka usai mendengar gempa bumi dengan magnitudo 5,6 pada Senin (21/11).

"Terimalah ucapan bela sungkawa yang mendalam berkaitan dengan jatuhnya banyak korban jiwa dan kerusakan besar akibat gempa bumi di Provinsi Jawa Barat," ungkap Putin melalui Telegram.

Ia juga menyampaikan doa terbaik untuk para keluarga korban tewas dan luka atas bencana ini.

"Saya menyampaikan ucapan simpati dan dukungan tulus kepada keluarga dan kerabat mereka yang tewas, serta harapan penyembuhan secepatnya kepada semua orang yang menderita akibat bencana ini," tuturnya.

Selain Putin, mantan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim juga menyampaikan ucapan serupa. Dia berharap semua keluarga korban dapat menerima dengan ketabahan.

"Saya mengutuskan salam takziah buat negara tetangga Indonesia yang baru berdepan bencana gempa di wilayah Cianjur berkekuatan magnitudo 5,6," tulis Anwar di akun Twitter-nya.

Baca juga: Sahabat Ganjar Dirikan Posko Dapur Umum dan Beri Bantuan di Cianjur

Gempa bumi magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur pada Senin (21/11). Guncangan kuat tersebut menewaskan setidaknya 268 orang hingga Selasa (22/11).

"Jumlah korban yang diperkirakan akan terus meningkat. Kami di Malaysia turut berduka cita dan mendoakan agar urusan pemerintah Indonesia dipermudahkan dan saya amat berharap agar warga Indonesia terus waspada terhadap gempa susulan. Dalam kesempatan yang sama, saya mohon kita semua untuk membantu dan mendoakan untuk masyarakat Cianjur terutamanya yang terdampak," pungkas Anwar.

Petugas gabungan masih mencari setidaknya 151 orang yang dinyatakan hilang. Sementara dari total 268 korban tewas, 122 di antaranya sudah diidentifikasi.

Presiden Jokowi telah mengunjungi langsung lokasi bencana pada Selasa (22/11). Ia juga menyapa para korban selamat dan membagikan makanan serta kebutuhan pokok lainnya.(OL-5)

Baca Juga

NICOLAS ASFOURI / AFP

Tiongkok Longgarkan Pembatasan dalam Pergeseran Kebijakan Covid-19

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 04 Desember 2022, 18:30 WIB
Penduduk tidak perlu lagi menunjukkan bahwa mereka telah dites negatif untuk tes Covid untuk memasuki kereta bawah tanah, bus, dan...
AFP

Pesawat Tempur Israel Serang Gaza saat UE Serukan Pertanggungjawaban

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 04 Desember 2022, 16:00 WIB
Kementerian luar negeri Palestina mengecam penembakan Mufleh sama saja dengan eksekusi, dan para aktivis Palestina serta pengguna media...
AFP

Iran Sebut Lebih dari 200 Orang Tewas dalam Pertarungan yang Berlanjut

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 04 Desember 2022, 15:00 WIB
Dewan keamanan negara dari kementerian dalam negeri Iran memberikan korban tewas pertama yang dikatakan sebagai akibat dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya