Minggu 20 November 2022, 13:46 WIB

Jelang Akhir, Dana Kompensasi Perubahan Iklim Disepakati COP27

Cahya Mulyana | Internasional
Jelang Akhir, Dana Kompensasi Perubahan Iklim Disepakati COP27

AFP
Konferensi Tingkat Tinggi Conference of The Parties 27 (KTT COP27) di Sharm El-Sheikh, Mesir.

 

KTT iklim COP27 sepakat menyiapkan dana bantuan negara-negara miskin dan berkembang yang dilanda bencana iklim. Namun isu lain untuk lebih luas yang menguraikan memerangi perubahan iklim mengalami jalan buntu.

Setelah negosiasi panjang dan menegangkan kepresidenan COP27 Mesir merilis draf kesepakatan sebagai kesepakatan akhir dan menyeluruh untuk KTT ini.

Dalam draf itu terungkap persetujuan untuk menyiapkan dana kerugian dan kerusakan untuk membantu negara-negara berkembang. Alokasinya untuk menanggung biaya dari peristiwa yang dipicu oleh perubahan iklim seperti badai dan banjir.

Tapi forum itu menunda banyak rekomendasi kontroversial seperti tenggat pencairan dana tersebut. Draf itu akan disempurnakan pada KTT iklim COP28, November 2023.

Rekomendasi-rekomendasi tersebut mencakup sumber-sumber pendanaan dan negara mana yang harus membayar dana tersebut. Dokumen tersebut menjadi kesepakatan politik untuk COP27 yang disetujui 200 negara.

Sejalan dengan pembahasan sebelumnya, draf tersebut tidak memuat referensi yang diminta oleh India dan beberapa delegasi lainnya untuk menghentikan penggunaan semua bahan bakar fosil secara bertahap. Draf itu malah merujuk pada penurunan penggunaan batu bara saja, seperti yang disepakati pada KTT tahun lalu. (AFP/OL-12)

Baca Juga

RONALDO SCHEMIDT / AFP

Salju Hambat Tentara Ukraina, Zelensky Mengeluh ke NATO

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 30 November 2022, 18:30 WIB
Staf Umum Ukraina mengatakan pada pasukannya telah memukul mundur enam serangan Rusia dalam 24 jam terakhir di wilayah Donbas...
Ist

Ketua BPK Isma Yatun Terpilih Jadi Ketua Panel Pemeriksa Eksternal PBB 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 14:12 WIB
Ketua BPK RI, Isma Yatun, terpilih sebagai Ketua Panel Auditor Eksternal PBB (Chair of Panel of External Auditors of the United...
AFP/Thomas Coex

Emmanuel Macron Siap Bahas Ukraina dan Perdagangan dengan Biden

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 30 November 2022, 13:44 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron tiba di Washington pada hari Selasa (29/11) untuk kunjungan kenegaraan pertama kepresidenan Joe...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya