Jumat 11 November 2022, 09:47 WIB

Jokowi akan Hadir di Pembukaan, Pleno, dan Retreat KTT ASEAN

Indriyani Astuti | Internasional
Jokowi akan Hadir di Pembukaan, Pleno, dan Retreat KTT ASEAN

ANTARA/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo (depan kedua dari kiri) berfoto bersama para pemimpin ASEAN di pertemuan ASEAN Inter-Parliament Assembly.

 

PRESIDEN Joko Widodo akan menghadiri Upacara Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan ke-41 serta KTT pada Hari ketiga di Phnom Penh, Kamboja, Jumat (11/11). 

Presiden juga dijadwalkan akan melihat pameran foto dan peluncuran buku "Cambodia's Contribution to ASEAN".

Setelah itu, Presiden Jokowi diagendakan untuk mengikuti sesi pleno KTT ASEAN ke-40 yang dilanjutkan dengan sesi retreat KTT ASEAN ke-41. 

Baca juga: Jokowi Tekankan Pentingnya Implementasi Cetak Biru Integrasi Ekonomi

"Besok (Hari ini), 11 November, para pemimpin ASEAN akan melakukan berbagai pertemuan, utamanya adalah KTT ASEAN yang akan dilakukan baik dalam pertemuan pleno maupun dalam bentuk retreat," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya di Phnom Penh, Kamis (10/11) malam.

Pada siang hingga sore harinya, Menlu Retno melanjutkan, Presiden Jokowi akan mengikuti sejumlah KTT dengan mitra wicara ASEAN. Pertemuan-pertemuan tersebut ialah KTT ASEAN-Republik Rakyat Tiongkok (RRT) ke-25, KTT ASEAN-Republik Korea ke-23, dan KTT ASEAN-PBB.

"Para pemimpin ASEAN juga akan mulai melakukan pertemuan dengan mitra wicara, antara lain dengan RRT, Republik Korea, serta dengan Sekjen PBB," imbuhnya.

Setelah semua rangkaian acara di Sokha Phnom Penh Hotel selesai, Presiden Jokowi akan kembali ke hotel tempatnya bermalam untuk melanjutkan agenda kerja esok. (OL-1)

Baca Juga

AFP

UE Sambut Kroasia ke Zona Schengen, Bulgaria dan Rumania Ditolak

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:24 WIB
Zona Schengen memungkinkan orang bepergian antarnegara anggotanya untuk menyeberang secara umum tanpa harus menunjukkan paspor, KTP, atau...
AFP

Eks Presiden Peru Pedro Castillo Cari Perlindungan di Meksiko

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:20 WIB
Adapun Pedro Castillo ditangkap setelah berusaha membubarkan Kongres Peru, sebagai upaya terakhir yang gagal untuk menghindari pemungutan...
AFP

Dari Lockdown Picu Unjuk Rasa Menuntut Demokrasi di Tiongkok

👤Muhammad Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:15 WIB
PARTAI Komunis China (PKC) yang menguasai jalannya pemerintah dan arah negara, menyatakan akan menindak tegas semua kegiatan infiltrasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya