Rabu 09 November 2022, 18:33 WIB

Remaja Palestina Tewas saat Anggota Parlemen Israel Adakan Acara di Nablus

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Remaja Palestina Tewas saat Anggota Parlemen Israel Adakan Acara di Nablus

AFP/Jaafar Ashtiyeh.
Teman dan kerabat Mahdi Hashsh Palestina, 15, berduka atas jenazahnya di rumah sakit di kota Nablus, Tepi Barat, pada 9 November 2022.

 

SEORANG remaja Palestina tewas dalam bentrokan bersenjata dan konfrontasi dengan tentara Israel setelah menyerbu kota Nablus di Tepi Barat. Kementerian Kesehatan Palestina mengidentifikasi dia sebagai Mahdi Hashash yang berusia 15 tahun dari kamp pengungsi Balata di Nablus.

Pemuda itu meninggal karena luka serius akibat pecahan peluru di berbagai bagian tubuhnya selama serangan tentara di Nablus saat fajar pada Rabu (9/11). Sumber-sumber pemerintah mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Hashash meninggal ketika bahan peledak buatan tangan yang dia pegang meledak di tangannya selama konfrontasi.

Setidaknya tiga warga Palestina lain terluka dalam serangan itu, termasuk satu dengan luka serius akibat peluru tajam, dan sisanya dari peluru berlapis karet, kantor berita resmi Wafa melaporkan. Puluhan lain menderita inhalasi gas air mata.

Pasukan Israel menyerbu Nablus pada Rabu untuk mengamankan kunjungan yang telah diumumkan oleh para pemukim dan anggota parlemen sayap kanan Israel (Knesset) ke situs sensitif kuil atau makam Joseph, yang terletak satu kilometer dari pusat Nablus, berdekatan dengan kamp pengungsi Balata. Menurut laporan media Israel, tentara Israel telah menyetujui acara politik yang merayakan kemenangan blok Benjamin Netanyahu dalam pemilihan baru-baru ini yang akan berlangsung di tempat suci tersebut.

Rekaman media lokal menunjukkan pasukan Israel menembakkan puluhan tabung gas air mata saat mereka menyerbu jalan utama di Nablus serta bentrokan bersenjata tingkat rendah yang terjadi dengan pejuang Palestina. Makam Joseph adalah situs yang sering dikunjungi oleh pemukim ilegal di bawah perlindungan tentara Israel. Selama tahun lalu, pejuang Palestina semakin banyak melakukan serangan selama serangan pemukim dan tentara. Beberapa orang Israel pun terluka.

Brigade Balata, yang baru mengumumkan diri secara terbuka pada Jumat dan bermarkas di kamp, mengancam jika serangan itu terjadi. "Jika para pemukim menyerbu Makam Joseph malam ini, mereka akan melihat yang belum mereka pertanggungjawabkan," kata kelompok itu dalam pernyataan pada Selasa malam.

Hashash ialah orang Palestina terbaru yang terbunuh di Tepi Barat yang diduduki tahun ini. Jumlah kematiannya tertinggi selama 16 tahun, menurut PBB.

Ketegangan meningkat di wilayah yang diduduki 1967 sejak awal tahun ini, karena meningkatnya perlawanan bersenjata, terutama di kota Nablus dan Jenin. Israel telah melakukan serangan dan penangkapan hampir setiap hari. Pasukan Israel telah menewaskan sedikitnya 195 warga Palestina, termasuk 47 anak-anak, di Tepi Barat yang diduduki, Jerusalem Timur dan Jalur Gaza sejak awal 2022. Hampir setengah dari total orang yang tewas berasal dari Jenin. (Aljazeera/OL-14)

Baca Juga

Ist

17 ABK Indonesia Selamat Usai Kapal Dibajak

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 06 Desember 2022, 10:03 WIB
Sebanyak 17 anak buah kapal (ABK) berpaspor Indonesia bersama dengan 2 lainnya asal Korea Selatan selamat dari pembajakan Kapal Tanker...
AFP

Usai Pemilihan Ulang, Demokrat Kuasai Senat AS

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 06 Desember 2022, 09:30 WIB
Kepastian itu muncul setelah Senator Demokrat Catherine Cortez Masto memenangkan pemilihan ulang di...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Rusia Klaim Batas Harga Minyak tidak akan Ganggu Pembiayaan Perang Ukraina

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 06 Desember 2022, 09:19 WIB
“Rusia dan ekonomi Rusia memiliki kapasitas yang diperlukan untuk memenuhi sepenuhnya kebutuhan dan persyaratan operasi militer...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya