Sabtu 05 November 2022, 18:30 WIB

Mahathir yang Berusia Hampir Seabad Kembali Bertarung

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Mahathir yang Berusia Hampir Seabad Kembali Bertarung

AFP
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

 

NEGARAWAN politik Malaysia, Mahathir Mohamad yang berusia hampir 100 tahun, kembali mengajukan pencalonannya pada hari Sabtu dan ini bisa menjadi pemilihan terakhirnya, dalam kampanye untuk pemilihan umum yang akan datang. 

Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob menyerukan pemilihan umum 10 bulan lebih cepat dari jadwal, dengan mantan pemimpin Najib Razak yang dipenjara. Partai berkuasa yang terlibat korupsi, berusaha untuk memperkuat kebangkitan politiknya empat tahun setelah secara dramatis tersingkir.

Baca juga: Migrasi dari TV Analog ke Digital, Kominfo Beberkan Manfaatnya

Pemegang Rekor Dunia Guinness untuk menjadi perdana menteri tertua di dunia saat ini, ketika ia menjadi perdana menteri untuk kedua kalinya pada tahun 2018, Mahathir yang berusia 97 tahun akan berdiri lagi untuk mempertahankan kursi parlemennya di pulau Langkawi pada bulan November. 

Dia terlihat melambat karena usia tetapi masih terlihat sehat, Mahathir disambut oleh puluhan pendukung yang mengibarkan bendera Partai Pejuang Tanah Airnya ketika ia tiba di kantor pemerintah setempat di Kuah, kota utama pulau itu, untuk mendaftarkan pencalonannya.

Ismail, dari Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) yang berkuasa, dan pemimpin oposisi Anwar Ibrahim, dari koalisi Pakatan Harapan, juga telah mengajukan pencalonan mereka di tempat lain di negara ini.

Anwar mendesak pemilih untuk datang dalam jumlah besar, karena kekhawatiran beredar bahwa hujan deras selama musim hujan dapat mengurangi jumlah pemilih.

"Saya optimis kami akan menang," katanya kepada AFP dari daerah pemilihannya di negara bagian Perak utara.

Di Langkawi, Mahathir mengatakan kepada wartawan bahwa dia memiliki peluang bagus untuk menang dan menertawakan saran bahwa dia harus pensiun.

"Saya masih berdiri dan berbicara dengan Anda, saya pikir membuat jawaban yang masuk akal," katanya.

Dia menambahkan partainya tidak akan membentuk aliansi dengan partai-partai yang dipimpin oleh penjahat atau penjahat, sebuah referensi yang jelas untuk UMNO.

Nonagenarian, yang pernah memerintah negara Asia Tenggara dengan tangan besi dari 1981 hingga 2003, keluar dari masa pensiunnya untuk memimpin aliansi oposisi Pakta Harapan dalam pemilihan umum 2018.

Aliansi reformis meraih kemenangan menakjubkan atas petahana Najib, yang kemudian dihukum karena korupsi terkait dengan skandal keuangan dana negara 1MDB dan sekarang menjalani hukuman penjara 12 tahun.

Mahathir menjadi perdana menteri lagi hanya dua bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-93, tetapi pemerintahannya runtuh dalam waktu kurang dari dua tahun karena pertikaian.

Dia telah memperingatkan bahwa Najib akan dibebaskan jika sekutu politisi yang dipenjara di UMNO menang, menandakan bahwa korupsi akan menjadi isu utama dalam pemilihan.

Dia juga menawarkan untuk menjadi perdana menteri untuk ketiga kalinya.

"Anda harus melihat keadaan negara saya ... begitu banyak korupsi dan begitu banyak kesalahan. Sudah waktunya untuk bertarung, bertarung, bertarung!" kata Hamidah Ayub, 66, seorang pendukung Mahathir.

"Sementara Mahathir diperkirakan akan menang dengan mudah di Langkawi, mengincar jabatan perdana menteri untuk ketiga kalinya akan sulit,” kata seorang analis.

Setidaknya empat blok, termasuk yang dipimpinnya bersaing untuk mendapatkan mayoritas di majelis rendah parlemen yang memiliki 222 kursi, menjadikannya pertarungan yang ketat.

21 juta pemilih juga termasuk lebih dari enam juta pendaftar baru, banyak dari mereka masih muda, yang bergabung setelah reformasi pemilu.

"Waktu Mahathir telah berlalu," kata Bridget Welsh dari Universitas Nottingham Malaysia kepada AFP.

"Dia diberi kesempatan kedua dan menyia-nyiakannya. Peluangnya kali ini untuk mencalonkan diri sebagai perdana menteri sangat tipis,” pungkasnya. (AFP/OL-6)

Baca Juga

AFP/NATALIA KOLESNIKOVA

AS Tukar Pebasket Griner dengan Pedagang Senjata Api

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 09 Desember 2022, 06:10 WIB
Bintang bola basket Amerika Serikat Brittney Griner dibebaskan dari penjara Rusia, Kamis (8/12) ditular dengan pedagang senjata api yang...
UGC / AFP

Iran Eksekusi Mati Seorang Demonstran Mahsa Amini

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:40 WIB
Menurut dia eksekusi ini harus memiliki konsekuensi bagi Iran yang setimpal dari masyarakat dunia. Kantor berita Iran Mizan melaporkan...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Gubernur Texas Larang Pegawai Pemerintah Main TikTok

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 11:00 WIB
“TikTok memanen sejumlah besar data dari perangkat penggunanya, termasuk kapan, di mana, dan bagaimana mereka melakukan aktivitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya