Kamis 03 November 2022, 15:07 WIB

Kapal Kargo Tenggelam di Taiwan, Kemenlu RI Cari 12 WNI yang Hilang

Cahya Mulyana | Internasional
Kapal Kargo Tenggelam di Taiwan, Kemenlu RI Cari 12 WNI yang Hilang

Foto/Courtesy of National Airborne Service Corps
Korps Lintas Udara dan Penjaga Pantai Taiwan mengerahkan pesawat dan kapal untuk mencari korban tenggelamnya kapal kargo berbendera Panama.

 

SEBUAH kapal kargo berbendera Panama dilaporkan tenggelam di sebelah barat Taiwan pada 31 Oktober 2022. Kapal diketahui bermuatan semen dan diawaki oleh 20 anak buah kapal asal Indonesia (ABK WNI).

Kementerian Luar Negeri RI yang berkoordinasi dengan Kamar Dagang dan Ekonomi (KDEI) di Taipei mencari informasi mengenai keberadaan ABK WNI. Diketahui, sebelum tenggelam, kapal tersebut mengalami kecelakaan pada 30 Oktober 2022 karena cuaca buruk.

“Tiga awak mengalami kecelakaan karena cuaca buruk dan berhasil dievakuasi melalui helikopter,” ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu RI, Judha Nugraha, pada keterangan pers virtual, Kamis (3/11).

Sementara dua WNI dirawat di rumah sakit karena patah tulang. Satu lainnya sembuh dan saat ini telah diinapkan di sebuah hotel.

Namun pada 31 Oktober 2022 kapal kargo itu mengalami kerusakan mesin di tengah cuaca buruk.

Sekitar pukul 15.00 waktu setempat kapal tersebut tenggelam akibat gelombang tinggi, sekitar 14 mil laut dari garis pantai Chang Hua, Taiwan.

“Pada saat tenggelam ada 17 ABK WNI yang on board di atas kapal. Lima ABK berhasil diselamatkan oleh kapal kargo Evergreen yang sedang melintas. Sedangkan 12 ABK lainnya sedang proses pencarian dan penyelamatan,” ucap Judha.

Baca juga: PM Korsel Minta Maaf atas Tragedi di Itaewon

Menurut Judah, lima ABK WNI itu saat ini dalam kondisi sehat dan selamat. Mereka ditampung di hotel. Berdasarkan koordinasi dengan pihak otoritas setempat, tim SAR sudah mengerahkan tiga kapal besar, delapan kapal kecil dan drone militer.

Helikopter pun sudah disiapkan, namun belum bisa digunakan karena cuaca yang buruk. Pencarian pun terus dilakukan ke arah timur dari lokasi tenggelamnya kapal. Kemenlu sudah menghubungi keluarga dari pada ABK yang berada di Indonesia. (Cah/OL-09)

Baca Juga

RONALDO SCHEMIDT / AFP

Salju Hambat Tentara Ukraina, Zelensky Mengeluh ke NATO

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 30 November 2022, 18:30 WIB
Staf Umum Ukraina mengatakan pada pasukannya telah memukul mundur enam serangan Rusia dalam 24 jam terakhir di wilayah Donbas...
Ist

Ketua BPK Isma Yatun Terpilih Jadi Ketua Panel Pemeriksa Eksternal PBB 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 14:12 WIB
Ketua BPK RI, Isma Yatun, terpilih sebagai Ketua Panel Auditor Eksternal PBB (Chair of Panel of External Auditors of the United...
AFP/Thomas Coex

Emmanuel Macron Siap Bahas Ukraina dan Perdagangan dengan Biden

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 30 November 2022, 13:44 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron tiba di Washington pada hari Selasa (29/11) untuk kunjungan kenegaraan pertama kepresidenan Joe...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya