Selasa 11 Oktober 2022, 23:08 WIB

Liz Truss Minta G7 Solid Dukung Ukraina

Cahya Mulyana | Internasional
Liz Truss Minta G7 Solid Dukung Ukraina

AFP
PM Inggris Liz Truss

 

PERDANA Menteri Inggris, Liz Truss meminta semua pemimpin Kelompok 7 (G7) agar terus memberikan mendukung kepada Ukraina. G7 menggelar pertemuan darurat pada Selasa (11/10) untuk membahas serangan terbaru Rusia di Ukraina.

"Dukungan internasional yang luar biasa untuk perjuangan Ukraina sangat bertentangan dengan isolasi Rusia di panggung internasional," katanya.

Ia mengatakan keberanian rakyat Ukraina dalam menghadapi aksi kekerasan paling brutal dari Rusia telah membuat dunia kagum. Ukraina menginginkan perdamaian tanpa pendudukan.

"Dan bagi kami, kami tidak boleh goyah sedikitpun dalam tekad kami untuk membantu mereka memenangkannya," sambungnya.

Ini adalah diskusi para pemimpin G7 pertama sejak Kiev melancarkan serangan balasan di Ukraina timur dan selatan dalam beberapa pekan terakhir yang telah merebut kembali sebagian besar wilayah, sebagian berkat pasokan senjata Barat.

Juru bicara pemerintah Jerman Steffen Hebestreit mengatakan, negaranya akan melakukan segala daya untuk memobilisasi bantuan tambahan.

"Khususnya untuk membantu memperbaiki dan memulihkan infrastruktur sipil (Ukraina) yang rusak dan hancur, seperti pasokan listrik dan pemanas," pungkasnya.

Serangan yang terjadi pada Senin (10/10), di Kyiv, Ukraina merupakan serangan yang jarang terjadi. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menuding Rusia menargetkan infrastruktur energi negaranya.

Serangan Rusia terjadi menyusul ledakan di Jembatan Kerch yang menghubungkan Moskow dengan Krimea pada Sabtu lalu. Sebanyak tiga orang tewas dalam ledakan tersebut. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Menlu: Meski Sulit, RI Berkomitmen Dorong Perdamaian di Myanmar

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:02 WIB
Indonesia siap mengedepankan strategi dialog dengan pihak yang terlibat konflik di Myanmar. Kekuatan ASEAN diharapkan menfasilitasi dialog...
AFP/Azwar Ipank.

Kasus Rasmus Paludan, Indonesia Panggil Dubes Swedia Kampanyekan Pluralisme

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:52 WIB
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri sudah menyampaikan secara langsung sikap terkait aksi tidak terpuji yang dilakukan...
AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Kebijakan Indonesia Harus Konsisten Bela Palestina sebagai Negara Tertindas

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:36 WIB
Indonesia selalu berempati terhadap Palestina sebagai negara yang tertindas dan ikut membantu rakyatnya dengan terus mendorong penyelesaian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya