Selasa 04 Oktober 2022, 18:48 WIB

Lawan Rusia, Ukraina Buat Pertahanan di Wilayah Selatan

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Lawan Rusia, Ukraina Buat Pertahanan di Wilayah Selatan

AFP
Tentara Ukraina memeriksa sejumlah alat militer yang rusak imbas diserang Rusia.

 

PASUKAN Ukraina merebut kembali lebih banyak wilayah hasil aneksasi Rusia secara ilegal. Pasukan Kyiv pun bergerak maju di dekat wilayah selatan Kherson, serta mengkonsolidasikan keuntungan di wilayah timur.

Adapun pejabat yang ditempatkan Rusia di Kherson mengkonfirmasi kemajuan tersebut. Di wilayah timur, pasukan Ukraina menyerbu wilayah Luhansk yang dikuasai Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan ada permukiman baru di sejumlah wilayah yang berhasil dibebaskan. Dalam pidatonya, Zelensky mengungkapkan terjadi pertempuran sengit di berbagai daerah. Akan tetapi, dia enggan memberikan rinciannya. 

Kemajuan serangan balik Ukraina diawasi ketat oleh militer Rusia. Bahkan, sebagian besar wartawan dijauhkan dari garis depan. Namun di wilayah selatan, Vladimir Saldo, pemimpin yang ditempatkan Rusia di Kherson, mengakui bahwa pasukan Ukraina telah menerobos dekat Dudchany.

Kota tersebut berlokasi dekat Sungai Dnipro, yakni sekitar 30 km (20 mil) selatan dari garis depan sebelumnya. Sungai itu disebut Dnieper oleh orang Rusia. "Ada pemukiman yang diduduki oleh pasukan Ukraina," jelas Saldo.

Beberapa laporan Rusia mengatakan bahwa Ukraina sekarang telah mengambil wilayah Dudchany. Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov, menyebut sejumlah tank Ukraina yang lebih unggul secara numerik, mendorong jurang yang dalam di selatan Zolota Balka.

Pihaknya mengklaim Rusia telah membunuh sekitar 130 tentara Ukraina dalam pertempuran tersebut. Menurut Saldo, dua batalyon Ukraina mencoba mencapai pembangkit listrik tenaga air do Kakhovka, sekitar 70 km (44 mil) timur Kherson.(BBC/OL-11)
 

Baca Juga

AFP

Mantan PM Australia Dikecam Scott Morrison Perlemen

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 11:00 WIB
Parlemen Australia pada Rabu (30/11) mengecam mantan Perdana Menteri Scott Morrison setelah penyelidikan menilai perannya secara diam-diam...
AFP

Kapal Induk AS, USS Abraham Lincoln Terbakar

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 01 Desember 2022, 10:35 WIB
Kebakaran terjadi di atas kapal induk Amerika Serikat (AS) di lepas pantai California. Kebakaran ini melukai enam orang sebelum dipadamkan...
AFP

Usai Bentrokan, Guangzhou Cabut Aturan Pembatasan Sosial Covid-19

👤 Cahya Mulyana 🕔Kamis 01 Desember 2022, 09:25 WIB
Di Kota Guangzhou dan Chongqing, Tiongkok, sempat menjadi tempat bentrokan antara demonstran dan polisi pada Selasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya