Jumat 30 September 2022, 14:08 WIB

Royal Mint Inggris Ungkap Potret Koin Raja Charles III

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Royal Mint Inggris Ungkap Potret Koin Raja Charles III

AFP/TOM HARRISON
Koin Charles III

 

Royal Mint Inggris pada hari Jumat meluncurkan patung resmi Raja Charles III yang akan muncul di koin setelah aksesi ke takhta.

Patung itu adalah karya pematung Inggris Martin Jennings dan secara pribadi disetujui oleh raja baru. Koin pertama yang memuat potret raja akan menjadi koin khusus £5 dan koin 50 pence untuk memperingati kehidupan Ratu Elizabeth II.

Jennings mengatakan potretnya dipahat dari foto Charles. "Ini adalah karya terkecil yang pernah saya buat, tetapi sangat memalukan mengetahui bahwa itu akan dilihat dan dipegang oleh orang-orang di seluruh dunia selama berabad-abad yang akan datang," katanya.

Sesuai dengan tradisi kerajaan, potret Charles menghadap ke kiri, berlawanan arah dengan mendiang ibunya. Sebuah prasasti Latin di sekitar patung itu diterjemahkan sebagai Raja Charles III, dengan Rahmat Tuhan, Pembela Iman.

Gambar Charles akan mulai muncul pada koin yang beredar dan pada potongan peringatan dalam beberapa bulan mendatang, kata Royal Mint dalam sebuah pernyataan.

Dua potret baru Elizabeth akan ditampilkan di balik koin lima pound peringatan. Royal Mint telah bertanggung jawab untuk menggambarkan raja pada koin selama lebih dari 1.100 tahun sejak Alfred the Great.

Elizabeth meninggal pada 8 September setelah memecahkan rekor 70 tahun di atas takhta. Kevin Clancy, direktur Royal Mint Museum, mengatakan mendiang ratu telah muncul di lebih banyak koin daripada raja Inggris lainnya.

"Selama tahun-tahun mendatang, akan menjadi umum bagi orang untuk menemukan koin dengan gambar Yang Mulia dan Ratu Elizabeth II dalam uang kembalian mereka," ucapnya.

Royal Mint mengatakan secara historis itu adalah hal biasa untuk koin yang menampilkan patung raja yang berbeda untuk diedarkan bersama. "Ini memastikan transisi yang mulus, dengan dampak dan biaya lingkungan yang minimal,"

Saat ini ada sekitar 27 miliar koin yang beredar di Inggris bertuliskan patung Ratu Elizabeth II. "Ini akan diganti seiring waktu karena menjadi rusak atau aus dan untuk memenuhi permintaan koin tambahan," tambah Royal Mint. (AFP/OL-12)

Baca Juga

UGC / AFP

Iran Eksekusi Mati Seorang Demonstran Mahsa Amini

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:40 WIB
Menurut dia eksekusi ini harus memiliki konsekuensi bagi Iran yang setimpal dari masyarakat dunia. Kantor berita Iran Mizan melaporkan...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Gubernur Texas Larang Pegawai Pemerintah Main TikTok

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 11:00 WIB
“TikTok memanen sejumlah besar data dari perangkat penggunanya, termasuk kapan, di mana, dan bagaimana mereka melakukan aktivitas...
AFP

Putin: Rusia Enggan Pakai Senjata Nuklir, kecuali Terdesak

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 10:50 WIB
PRESIDEN Rusia Vladimir Putin mengatakan ancaman perang nuklir meningkat. Tetapi dia menegaskan Moskow belum gila sehingga enggan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya