Jumat 30 September 2022, 14:05 WIB

Ribuan Orang Terjebak Banjir saat Badai Ian Menghantam Florida

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Ribuan Orang Terjebak Banjir saat Badai Ian Menghantam Florida

AFP/ Sean Rayford
Badai Ian landa Florida

 

Kru penyelamat mengemudikan perahu dan mengarungi jalan-jalan yang tergenang pada Kamis untuk menyelamatkan ribuan warga Florida yang terperangkap di tengah rumah-rumah yang terendam banjir. Begitu juga bangunan-bangunan hancur akibat Badai Ian, yang menyeberang ke Samudra Atlantik dan bergolak menuju daratan lain di Carolina Selatan.

Beberapa jam setelah melemah menjadi badai tropis saat melintasi semenanjung Florida, Ian mendapatkan kembali kekuatan badai Kamis malam setelah muncul di atas Samudra Atlantik. Pusat Badai Nasional memperkirakan akan membuat pendaratan di Carolina Selatan sebagai badai Kategori 1 pada hari Jumat.

Kehancuran yang ditimbulkan di Florida mulai menjadi fokus sehari setelah Ian melanda sebagai badai Kategori 4 yang mengerikan dan salah satu badai terkuat yang pernah melanda AS.

Badai itu membanjiri rumah-rumah di kedua pantai negara bagian itu, memutus satu-satunya jembatan ke pulau penghalang, menghancurkan dermaga tepi laut yang bersejarah dan mematikan listrik ke 2,67 juta rumah dan bisnis Florida, hampir seperempat pelanggan utilitas.

Setidaknya satu orang dipastikan tewas di Florida, sementara dua orang lainnya dilaporkan tewas di Kuba setelah badai melanda pulau itu Selasa.

Foto udara dari daerah Fort Myers, beberapa mil di sebelah barat tempat Ian menabrak daratan, menunjukkan rumah-rumah terkoyak dari lempengan-lempengannya dan tertimbun di antara puing-puing yang tercabik-cabik.

Perekonomian di dekat pantai benar-benar diratakan, meninggalkan puing-puing. Dermaga yang rusak mengapung samping kapal yang rusak dan api membara di banyak tempat.

"Saya tidak tahu bagaimana orang bisa selamat di sana," kata William Goodson di tengah reruntuhan di Pantai Fort Myers tempat dia tinggal selama 11 tahun.

Badai menghancurkan sekitar 60 rumah, banyak di antaranya, termasuk satu rumah Goodson atau hancur tak dapat diperbaiki. Mengarungi air setinggi pinggang, Goodson dan putranya mendorong dua tong sampah berisi sedikit barang yang bisa dia selamatkan — AC portabel, beberapa peralatan, dan tongkat baseball.

Jalan menuju Fort Myers dipenuhi dengan pohon-pohon yang patah, trailer perahu dan puing-puing lainnya. Mobil dibiarkan terbengkalai di jalan raya, terhenti ketika gelombang badai membanjiri mesin mereka.

“Kami belum pernah melihat gelombang badai sebesar ini,” kata Gubernur Florida Ron DeSantis dalam konferensi pers.

“Jumlah air yang naik, dan kemungkinan akan terus meningkat hari ini bahkan saat badai berlalu, pada dasarnya adalah peristiwa banjir 500 tahun,”

Setelah meninggalkan Florida sebagai badai tropis pada hari Kamis dan memasuki Samudra Atlantik di utara Cape Canaveral, Ian kembali menjadi badai dengan kecepatan angin 75 mph (120 kph). Pusat badai memperkirakan akan terus menguat sebelum menghantam Carolina Selatan pada hari Jumat, tetapi masih tetap menjadi badai Kategori 1.

Peringatan badai dikeluarkan untuk pantai Carolina Selatan dan meluas ke Cape Fear di pantai tenggara Carolina Utara. Dengan kekuatan angin badai tropis mencapai 415 mil (667 kilometer) dari pusatnya, Ian diperkirakan akan mendorong gelombang badai setinggi 5 kaki (1,5 meter) ke daerah pesisir di Georgia dan Carolina. Curah hujan hingga 8 inci (20,32 sentimeter) mengancam banjir dari Carolina Selatan hingga Virginia. (AFP/OL-12)

Baca Juga

UGC / AFP

Iran Eksekusi Mati Seorang Demonstran Mahsa Amini

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:40 WIB
Menurut dia eksekusi ini harus memiliki konsekuensi bagi Iran yang setimpal dari masyarakat dunia. Kantor berita Iran Mizan melaporkan...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Gubernur Texas Larang Pegawai Pemerintah Main TikTok

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 11:00 WIB
“TikTok memanen sejumlah besar data dari perangkat penggunanya, termasuk kapan, di mana, dan bagaimana mereka melakukan aktivitas...
AFP

Putin: Rusia Enggan Pakai Senjata Nuklir, kecuali Terdesak

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 10:50 WIB
PRESIDEN Rusia Vladimir Putin mengatakan ancaman perang nuklir meningkat. Tetapi dia menegaskan Moskow belum gila sehingga enggan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya