Rabu 21 September 2022, 11:14 WIB

Sekjen PBB Ajak Semua Negara Tekan Emisi Gas Rumah Kaca

Cahya Mulyana | Internasional
Sekjen PBB Ajak Semua Negara Tekan Emisi Gas Rumah Kaca

Anna Moneymaker/Getty Images/AFP
Antonio Guterres berbicara pada sesi ke-77 Majelis Umum PBB di Markas Besar PBB, New York, AS, Selasa (21/9).

 

SEKRETARIS Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, mengajak seluruh negara menyadari isu perubahan iklim. Langkah yang sangat dibutuhkan dengan mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil.

"Ada permasalahan yang harus kita selesaikan, perang melawan alam yang akan membunuh diri kita sendiri. Krisis iklim adalah isu yang harus dibicarakan saat ini,” kata Guterres saat berpidato pada pembukaan pekan pertemuan tingkat tinggi dalam Sidang Majelis Umum PBB, di New York, Amerika Serikat, Selasa (20/9).

Guterres menyatakan peningkatan emisi hingga 14% selama satu dekade ini. Dia meminta negara hingga organisasi multilateral untuk membuat aksi nyata memperbaiki bumi.

Baca juga: Indonesia Akan Tingkatkan Target Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

“Ini harus menjadi prioritas utama setiap pemerintahan dan organisasi multilateral, dan isu ini masih kalah dikesampingkan, meskipun cukup banyak dukungan dari seluruh dunia. Emisi gas rumah kaca harus dipangkas hingga 45% agar harapan emisi nol% bisa tercapai pada 2050,” tegasnya.

Selain itu, dia juga menyoroti ketergantungan negara-negara terhadap ketergantungan bahan bakar jenis fosil dan beralih ke energi baru terbarukan. (AFP/Cah/OL-09)

Baca Juga

Ist

Delegasi RI Sajikan Keberhasilan Atasi Covid-19 Melalui Komunikasi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 11:00 WIB
Perwakilan Indonesia mempresentasikan keberhasilan strategi Indonesia dalam penanganan Covid – 19 berbasis pendekatan komunikasi...
 GIUSEPPE CACACE / AFP

Mohammed bin Salman Ditunjuk jadi Perdana Menteri Arab Saudi

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 28 September 2022, 10:50 WIB
Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, ditunjuk sebagai Perdana Menteri Kerajaan. Keputusan itu diterbitkan Raja Salman melalui...
AFP/ESN

Warga Iran Gelar Aksi Demonstrasi di Malam Ke-12

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 September 2022, 10:10 WIB
Puluhan orang tewas sejak aksi demonstrasi digelar pascakematian seorang perempuan Kurdi berusia 22 tahun saat ditahan polisi moral...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya