Senin 19 September 2022, 15:48 WIB

Topan Nanmadol Terjang Jepang dengan Curah Hujan Tinggi

Ferdian Ananda M | Internasional
Topan Nanmadol Terjang Jepang dengan Curah Hujan Tinggi

AFP/YUICHI YAMAZAK
Pekerja membersihkan dampak dari bencana badai topan di Jepang

 

TOPAN Nanmadol membawa angin kencang dan curah hujan rekor ke beberapa wilayah bagian Jepang pada Senin (19/9). Topan itu merupakan salah satu badai terbesar yang melanda negara itu dalam beberapa tahun hingga menewaskan sedikitnya satu orang, mengganggu transportasi dan memaksa beberapa produsen untuk menangguhkan operasi.

Perdana Menteri Fumio Kishida pun menunda keberangkatannya ke New York untuk memantau dampak badai. Ia akan menyampaikan pidato di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

"Kita harus tetap waspada terhadap hujan lebat, angin kencang, gelombang tinggi dan gelombang badai," kata seorang pejabat Badan Meteorologi Jepang (JMA) dalam konferensi pers.

Topan ke-14 Jepang musim ini mendarat di dekat kota Kagoshima pada Minggu (18/9) malam sebelum menerjang pulau barat Kyushu dan menerjang ke pulau utama Honshu.

Sebuah sungai di Prefektur Miyazaki Kyushu meluap, membanjiri ladang dan jalan. Video lain menunjukkan sebuah rumah di tepi sungai yang tergantung di atas aliran air, atap bangunannya rusak dan papan reklame roboh.

NHK menyampaikan seorang pria tewas ketika mobilnya terendam oleh sungai yang banjir dan petugas pemadam kebakaran berusaha menemukan apakah seorang pria berusia 40-an berada di dalam gubuk yang terkubur tanah longsor.

"Sedikitnya 69 orang terluka,” seperti dilaporkan NHK.

Baca juga: Kaisar Jepang dan Istri akan Hadiri Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II

Sekitar 340.000 rumah tangga, sebagian besar di Kyushu, pada Senin pagi, tanpa listrik. Sementara Kereta Api Kyushu menghentikan operasi di Kyushu, lalu Japan Airlines dan ANA Holdings membatalkan sekitar 800 penerbangan.

Badai itu berpusat di Prefektur Yamaguchi, di ujung barat Honshu, pada pukul 0200 GMT (10 pagi, waktu Singapura) dan menuju timur laut dengan kecepatan sekitar 15 km/jam di sepanjang pantai utara.

Badai itu diproyeksikan akan melacak pantai di utara Honshu hingga Selasa sebelum bergerak ke Pasifik. Hujan hingga 400 mm diperkirakan terjadi di wilayah Tokai, Jepang Tengah, jantung industri negara itu, selama 24 jam ke depan.

Toyota Motor termasuk di antara produsen yang akan menghentikan produksi di beberapa pabrik karena badai, tetapi tidak ada laporan kerusakan besar pada industri.

Hujan deras sesekali melanda Tokyo, tetapi bisnis di ibu kota sebagian besar beroperasi seperti biasa. Sebagian besar sekolah ditutup pada hari Senin karena merupakan hari libur.(CNA/OL-5)

Baca Juga

AFP/Ricardo ARDUENGO

Korban Tewas Badai Ian 54 Orang dan Bawa Kapal ke Parkir Mobil

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 19:02 WIB
Jembatan ke Pulau Pine, pulau penghalang terbesar di lepas Pantai Teluk Florida hancur oleh badai sehingga hanya dapat diakses dengan...
AFP

Inggris Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 16:06 WIB
Tingginya angka kematian dalam tragedi ini, disebut-sebut sebagai yang terburuk dalam sejarah sepak bola Indonesia, menyita perhatian...
AFP

Badai Ian Hempaskan 31 Nyawa

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 14:15 WIB
Kekuatan badai ini telah melemah dan level menjadu topan pasca-tropis yang bergerak melintasi Carolina Utara tengah pada Sabtu (1/10)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya