Minggu 18 September 2022, 15:07 WIB

Gempa Kuat Guncang Taiwan Tenggara, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Gempa Kuat Guncang Taiwan Tenggara, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

DOK MI.
Ilustrasi.

 

GEMPA berkekuatan 6,8 skala Richter melanda bagian tenggara Taiwan yang jarang penduduknya pada Minggu (18/9). Beberapa laporan awal kerusakan termasuk gerbong kereta yang tergelincir. Ini memicu peringatan tsunami.

Survei Geologi AS (USGS) mengatakan pusat gempa berada di daerah Taitung. Itu mengikuti gempa berkekuatan 6,4 pada Sabtu malam di daerah yang sama yang tidak menimbulkan korban jiwa.

Badan itu mengukur gempa dengan kekuatan 7,2 skala Richter dan pada kedalaman 10 km. Media Taiwan mengatakan satu gedung bertingkat rendah yang menampung toko serbaada runtuh dan pekerjaan penyelamatan telah dimulai untuk membebaskan mereka yang berada di dalamnya.

Setidaknya satu gerbong kereta tergelincir di suatu stasiun di pantai timur. Otoritas kereta api mengatakan tidak ada korban jiwa.

Pusat Peringatan Tsunami AS telah mengeluarkan peringatan tsunami di Taiwan. Dikatakan gelombang tsunami yang berbahaya mungkin terjadi dalam jarak 300 km dari pusat gempa di sepanjang pantai Taiwan.

Gempa itu bisa dirasakan di seluruh Taiwan. Bangunan berguncang sebentar di ibu kota Taipei.

Badan cuaca Jepang mengeluarkan peringatan untuk gelombang tsunami 1 meter untuk bagian dari prefektur Okinawa setelah gempa. USGS mengatakan bahwa gempa terjadi pada pukul 14.44 sekitar 50 km sebelah utara kota Taitung.

Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan rentan terhadap gempa bumi. Ini merupakan gempa kedua yang melanda Taitung dalam beberapa hari.

Pada Sabtu, gempa berkekuatan 6,5 terjadi tepat setelah pukul 21.30 sekitar 50 km utara kota pesisir Taitung pada kedalaman 10 km. Gempa itu bisa dirasakan di seluruh Taiwan, menurut biro cuaca pulau itu. Bangunan berguncang sebentar di ibu kota Taipei. (CNA/OL-14)

Baca Juga

AFP/ANDREAS SOLARO

Meloni Tegaskan Italia Terus Dukung Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 28 September 2022, 16:18 WIB
Dia juga menulis dalam akun Twiter-nya akan meningkatkan kerja sama antara Italia dengan...
AFP

AS Desak PBB Batalkan Hasil Referendum 4 Wilayah Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 28 September 2022, 14:32 WIB
AS diketahui tengah mempersiapkan sanksi terbaru terhadap Rusia. Dalam hal ini, jika pemerintahan Vladimir Putin tetap mencaplok empat...
AFP/NHAC NGUYEN

Vietnam Peringatkan Banjir saat Topan Noru Menerjang

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 28 September 2022, 14:10 WIB
Gedung-gedung tinggi berguncang dan angin kencang menumbangkan pohon sekaligus merobek atap rumah di seluruh wilayah tengah. Pemadaman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya