Kamis 15 September 2022, 05:00 WIB

Kazakhstan Jadi Negara Pertama yang Dikunjungi Xi Jinping Sejak Pandemi

Mediaindonesia.com | Internasional
Kazakhstan Jadi Negara Pertama yang Dikunjungi Xi Jinping Sejak Pandemi

AFP/Noel Celis
Presiden Tiongkok Xi Jinping

 

Kazakhstan menjadi negara pertama yang dikunjungi Presiden Tiongkok Xi Jinping sejak pandemi covid-19 melanda dunia pada awal 2020.

Orang nomor satu di negara berpenduduk terbanyak di dunia itu tiba di Nur Sultan, Kazakhstan, Rabu (14/9), untuk melakukan kunjungan kenegaraan.

Sebagai mitra strategis komprehensif permanen Tiongkok, Kazakhstan merupakan jembatan yang menghubungkan Tiongkok dengan Asia Tengah dan Eropa, menurut pejabat Tiongkok seperti dikutip media setempat.

Di negara itulah Presiden Tiongkok pertama kali mengusulkan Prakarsa Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative/BRI) pada 2013.

Pada tahun itu pula Xi mengusulkan BRI pada kesempatan keduanya berkunjung di Jakarta.

Kedatangan Xi di Bandara Internasional Nur Sultan Nazarbayev pada Rabu sore disambut Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev yang didampingi para pejabat seniornya.

Tahun ini menandai 30 tahun hubungan diplomatik Tiongkok-Kazakhstan.

Setelah bertahan menghadapi berbagai perubahan dan waktu yang terus berlalu, hubungan Tiongkok-Kazakhstan makin kokoh, tulis Xi dalam artikelnya yang dimuat media Kazakhstan.

Ia akan melakukan diskusi mendalam dengan Presiden Tokayev mengenai kelanjutan kemitraan strategis komprehensif China-Kazakhstan dan bagaimana meningkatkan kerja sama yang menguntungkan kedua negara.

Dari Kazakhstan, Xi akan melanjutkan kunjungan kenegaraan ke Uzbekistan kemudian menghadiri KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO).

Di sela-sela KTT tersebut, Xi bakal bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri India Narendra Modi. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP

Terdampak Inflasi, Masyarakat Kanada Berburu Kupon

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 29 September 2022, 16:05 WIB
GELOMBANG inflasi menerjang Kanada. Harga kebutuhan pokok naik hingga 11% atau tertinggi sejak 1981 yang membuat masyarakatnya memangkas...
AFP

Jaringan Pipa Gas Nord Stream Disabotase, Eropa Tingkatkan Keamanan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 29 September 2022, 15:19 WIB
Kebocoran jaringan gas Nord Stream mengakibatkan kenaikan harga gas alam. Sebelumnya, Rusia diketahui membatasi secara tajam...
Manan VATSYAYANA / AFP

Hukuman Aung San Suu Kyi Kembali Bertambah

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 29 September 2022, 15:01 WIB
Awal bulan ini, pengadilan junta Myanmar menjatuhkan vonis terhadap Aung San Suu Kyi dengan tiga tahun penjara karena dugaan kecurangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya