Kamis 01 September 2022, 19:12 WIB

Putin Tidak Akan Hadiri Pemakaman Mikhail Gorbachev

Widhoroso | Internasional
Putin Tidak Akan Hadiri Pemakaman Mikhail Gorbachev

AFP/Mikhail Klimentyev
Presiden Rusia, Vladimir Putin

 

PRESIDEN Rusia, Vladimir Putin tidak akan menghadiri pemakaman mantan pemimpin Uni Soviet, Mikhail Gorbachev karena padatnya jadwal yang telah disusun. Demikian dikatakan juru bicara Kepresidenan Rusia, Kamis (1/9).

"Upacara penghormatan dan pemakaman akan dilaksanakan pada 3 September. Namun, jadwal Presiden Putin tidak memungkinan dirinya hadir dalam acara tersebut," jelas juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

Peskov mengatakan Putin telah memberikan penghormatan terakhirnya kepada Gorbachev di rumah sakit tempat dia meninggal pada Selasa (30/8) dalam usia 91 tahun. TV pemerintah Rusia menunjukkan Putin menempatkan buket mawar merah di dekat peti mati terbuka Gorbachev di aula besar yang kosong sebelum berhenti sejenak untuk hening. Putin menundukkan kepalanya, meletakkan tangannya sebentar di peti mati, lalu membuat tanda salib.

Upacara pemakaman Gorbachev akan diadakan pada 3 September mendatang di Moscow Hall of Columns, tempat yang secara historis digunakan untuk upacara pemakaman pejabat tinggi, termasuk Joseph Stalin pada 1953. Gorbachev akan dimakamkan di pemakaman Novodevichy yang bergengsi di Moskow di sebelah istrinya Raisa, yang meninggal pada 1999.

Peskov mengatakan bahwa akan ada elemen pemakaman kenegaraan untuk Gorbachev, termasuk penjaga kehormatan. Ia menegaskan upacara tersebut akan diselenggarakan dengan bantuan negara.

Gorbachev mengubah jalannya sejarah dengan memicu runtuhnya Uni Soviet dan merupakan salah satu tokoh besar abad ke-20. Reformasinya sebagai pemimpin Soviet mengubah negaranya dan memungkinkan Eropa Timur untuk membebaskan diri dari kekuasaan Soviet.

Perubahan yang dilakukan membuat Gorbachev dianggap penting di Barat namun  cemoohan dari banyak orang Rusia. Putin, yang menyebut keruntuhan Soviet sebagai bencana geopolitik terbesar abad ke-20, telah menghabiskan sebagian besar masa pemerintahannya selama lebih dari 20 tahun untuk membalikkan sebagian warisan Gorbachev. (AFP/OL-15)

Baca Juga

AFP

Zelensky Umumkan Lyman Bebas dari Serdadu Moskow

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 18:03 WIB
Perebutan kembali Lyman telah menjadi cerita paling populer di media, kata Zelensky dalam pidato Minggu...
AFP/RICARDO ARDUENGO

Tim Penyelamat Temukan 54 Korban Badai Ian

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 15:50 WIB
Banyaknya ruas jalan yang terendam banjir dan hanyutnya sejumlah jembatan membuat akses menuju beberapa wilayah Florida...
AFP/	SERGEI KARPUKHIN

Putin Minta Kyiv Kembali ke Meja Perundingan

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 10:52 WIB
"Masyarakat sudah menentukan pilihan, pilihan tegas ini adalah kehendak jutaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya