Rabu 31 Agustus 2022, 13:27 WIB

Sekjen PBB Desak Dunia Bantu Pakistan yang Dilanda Bencana Banjir

 Cahya Mulyana | Internasional
 

SEKRETARIS Jenderal (Sekjen()PBB, Antonio Guterres, mendesak komunitas internasional membantu Pakistan dalam menanggulangi dampak angin monsun yang mengakibatkan banjir parah. PBB telah mencairkan bantuan US$160 juta atau setara Rp2,3 triliun.

"Mari kita berhenti berjalan dalam tidur menuju kehancuran planet kita oleh perubahan iklim. Hari ini, ini Pakistan. Besok, itu bisa menjadi negara Anda," katanya.

Menurutnya, PBB meminta kepada anggotanya membantu Pakistan memenuhi kebutuhan pokok 5,2 juta orang yang mengungsi akibat bencana ini. Termasuk pula untuk 33 juta warga Pakistan yang turut terdampak.

Guterres menyebut Pakistan dan umumnya kawasan Asia Selatan terkena dampak perubahan iklim. Banyak potensi bencana yang mengancam keselamatan penduduknya 15 kali lebih besar.

Menteri Perencanaan Pakistan, mengatakan kerugian akibat banjir mencapai US$10 miliar. Sementara, negara tersebut tengah menderita krisis ekonomi.

Baca juga: Sepertiga Wilayah Pakistan Terendam Banjir Sebabkan Lonjakan Inflasi Pangan

Menteri Perubahan Iklim Pakistan, Sherry Rehman, menggambarkan situasi itu sebagai bencana kemanusiaan yang disebabkan oleh iklim. Pakistan menghasilkan kurang dari 1% emisi gas rumah kaca global tetapi menempati peringkat 10 besar negara yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim.

Banyak faktor yang menyebabkan banjir, tetapi pemanasan atmosfer yang disebabkan oleh perubahan iklim membuat curah hujan ekstrem lebih mungkin terjadi.

Dunia telah menghangat sekitar 1,2 derajat Celcius sejak era industri dimulai dan suhu akan terus meningkat kecuali pemerintah di seluruh dunia melakukan pemotongan tajam terhadap emisi. (BBC/Cah/OL-09)

Baca Juga

AFP

Zelensky Umumkan Lyman Bebas dari Serdadu Moskow

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 18:03 WIB
Perebutan kembali Lyman telah menjadi cerita paling populer di media, kata Zelensky dalam pidato Minggu...
AFP/RICARDO ARDUENGO

Tim Penyelamat Temukan 54 Korban Badai Ian

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 15:50 WIB
Banyaknya ruas jalan yang terendam banjir dan hanyutnya sejumlah jembatan membuat akses menuju beberapa wilayah Florida...
AFP/	SERGEI KARPUKHIN

Putin Minta Kyiv Kembali ke Meja Perundingan

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 10:52 WIB
"Masyarakat sudah menentukan pilihan, pilihan tegas ini adalah kehendak jutaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya