Kamis 18 Agustus 2022, 14:02 WIB

Disanksi Tiongkok, Taiwan Merapat ke AS

Cahya Mulyana | Internasional
Disanksi Tiongkok, Taiwan Merapat ke AS

AFP
Gedung Istana Kepresidenan Taiwan yang berlokasi di Taipei.

 

Amerika Serikat (AS) dan Taiwan mengumumkan peningkatan kerja sama perdagangan. Kesepakatan itu terjadi setelah Tiongkok menjatuhkan sanksi ekspor-impor terhadap Taipei.

"Kami berencana untuk mengejar jadwal ambisius untuk mencapai komitmen berstandar tinggi dan hasil yang berarti yang mencakup sebelas bidang perdagangan dalam mandat negosiasi. Itu akan membantu membangun ekonomi abad ke-21 yang lebih adil, lebih sejahtera, dan tangguh,” kata Deputi Perwakilan Dagang AS, Sarah Bianchi.

Ia mengatakan Washington dan Taipei telah menyepakati setuju untuk bergerak maju dengan Inisiatif AS-Taiwan pada Perdagangan Abad ke-21. Tujuannya untuk meningkatkan perdagangan dan memajukan standar umum di berbagai bidang seperti kebijakan anti-korupsi dan peraturan lingkungan.

Menurut dia kedua belah pihak telah mencapai konsensus tentang mandat untuk negosiasi. Proses pembicaraan diperkirakan akan berlangsung dalam dua hingga tiga bulan ke depan.

Pengumuman itu muncul setelah Presiden AS, Joe Biden, memilih untuk mengecualikan pulau demokrasi itu dari Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF). Inisiatif ekonomi yang berfokus pada Asia secara luas dipandang bertujuan untuk melawan pengaruh Tiongkok yang tumbuh sebagai kekuatan militer yang meningkat dan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Tiongkok merupakan mitra dagang terbesar dari sebagian besar negara di kawasan Asia, termasuk Taiwan. Pembicaraan perdagangan ini akan ditanggapi secara negatif oleh Tiongkok.

Sebelumnya Tiongkok melancarkan respons serupa kepada Taiwan dan AS setelah Ketua DPR AS, Nancy Pelosi menginjakan kaki di Taipei. Beijing memberikan sanksi kepada Taipei dan menggelar latihan militer besar-besaran. (Aljazeera/OL-12)

 

Baca Juga

AFP

Roket Iran Tewaskan 13 Orang di Wilayah Kurdistan, Irak

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 29 September 2022, 06:15 WIB
Garda Republik Iran menuding kelompok Kurdi yang berbasis di Irak melakukan infiltrasi ke Iran untuk memicu demonstrasi dan memancing...
AFP/Gregg Newton

Cristoforetti, Perempuan Eropa Pertama yang Jadi Komandan ISS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 29 September 2022, 05:45 WIB
Cristoforetti, astronaut berusia 45 tahun yang merupakan mantan pilot pesawat tempur, tiba untuk misi keduanya di ISS, April...
mediaindonesia.com

Restoran di Tiongkok Terbakar, 17 Tewas

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 02:15 WIB
Salah satu restoran di Kota Changchun, Provinsi Jilin, di wilayah timur laut Tiongkok, Rabu (28/9), terbakar hingga mengakibatkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya