Selasa 16 Agustus 2022, 09:14 WIB

Raja Malaysia Tiba di Turki untuk Kunjungan Kenegaraan

Mediaindonesia.com | Internasional
Raja Malaysia Tiba di Turki untuk Kunjungan Kenegaraan

AFP
Raja Malaysia Sultan Abdullah Shah saat mengunjungi Indonesia, 26-29 Agustus 2019.

 

Raja Malaysia Sultan Abdullah tiba di Turki pada Senin (15/8) untuk melakukan kunjungan kenegaraan selama tujuh hari, menurut laporan kantor berita Bernama.

Kunjungan kenegaraan yang akan berlangsung hingga 21 Agustus tersebut atas undangan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Sebelumnya Raja Malaysia kunjungan itu dijadwalkan pada 2021 tetapi ditangguhkan karena pandemi COVID-19.

Sultan Abdullah dan rombongan tiba di Bandara Internasional Esenboga, Ankara, pada Senin pukul 17.30 waktu setempat (23.30 WIB). Mereka disambut oleh Wakil Presiden Turki Fuat Oktay, Duta Besar Malaysia untuk Turki Sazali Mustafa Kamal dan Duta Besar Turki untuk Malaysia Emir Salim Yuksel.

Turut serta dalam rombongan tersebut adalah Menteri Keuangan Malaysia Tengku Zafrul Abdul Aziz dan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Malaysia Amran Mohamed Zin.

Lawatan Sultan Abdullah ke Turki menjadi kunjungan kenegaraan pertamanya sejak 26 Agustus 2019 ketika dia berkunjung ke Indonesia selama empat hari.

Selama di Turki, dia dijadwalkan bertemu dengan Erdogan di Istana Kepresidenan dan akan menghadiri jamuan kenegaraan di tempat yang sama.

Sultan Abdullah akan mengunjungi perusahaan pertahanan FNSS Defense Systems dan Turkish Aerospace Industries, serta menghadiri makan malam dengan diaspora Malaysia.

Dia juga akan mengunjungi makam Abu Ayyub al-Ansari, makam Sultan Abdul Hamid II, Masjid Agung Hagia Sophia dan Museum Istana Topkapi sebelum kembali ke Malaysia pada Minggu (21/8).

Kunjungan itu disebutkan melambangkan kepentingan, keakraban dan keteguhan hubungan Malaysia-Turki, sekaligus untuk memperkuat persahabatan kedua negara yang sudah terjalin sejak 1964.

Kunjungan kenegaraan Raja Malaysia ke Turki sebelumnya dilakukan pada 1992 oleh mendiang Sultan Azlan Muhibbuddin Shah. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/Gregg Newton

Cristoforetti, Perempuan Eropa Pertama yang Jadi Komandan ISS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 29 September 2022, 05:45 WIB
Cristoforetti, astronaut berusia 45 tahun yang merupakan mantan pilot pesawat tempur, tiba untuk misi keduanya di ISS, April...
mediaindonesia.com

Restoran di Tiongkok Terbakar, 17 Tewas

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 02:15 WIB
Salah satu restoran di Kota Changchun, Provinsi Jilin, di wilayah timur laut Tiongkok, Rabu (28/9), terbakar hingga mengakibatkan...
AFP

Buntut Referendum Palsu Rusia, Kanada Siapkan Sanksi Baru

👤Ant 🕔Rabu 28 September 2022, 22:38 WIB
“Wilayah Ukraina akan tetap menjadi milik Ukraina,” kata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya