Jumat 05 Agustus 2022, 09:19 WIB

AS Tuding Tiongkok Tanggapi Berlebihan Kunjungan Pelosi ke Taiwan

Basuki Eka Purnama | Internasional
AS Tuding Tiongkok Tanggapi Berlebihan Kunjungan Pelosi ke Taiwan

AFP/Noel Celis
Seorang warga melintas di depan layar raksasa di Beijing, yang melaporkan aksi Tiongkok melepaskan rudal ke arah Selat Taiwan.

 

AMERIKA Serikat (AS), Kamis (4/8), menuding aksi Tiongkok meluncurkan 11 rudal balistik ke wilayah sekeliling Taiwan sebagai aksi berlebihan menanggapi kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau tersebut.

Meski begitu, juru bicara Gedung Putih John Kirby memastikan kapal induk AS akan tetap ditempatkan di timur Taiwan untk memonitor situasi setelah aksi agresif Tiongkok itu.

"Tiongkok telah memilih bereaksi berlebihan dan menggunakan kunjungan ketua DPR AS sebagai alasan untuk meningkatkan aktivitas militer provokatif di kawasan Selat Taiwan," kata Kirby.

Baca juga: Taiwan Usir Kapal Nirawak Tiongkok di Kepulauan Kinmen

Kirby menyebut aksi Tiongkok itu merupakan bagian dari krisis buatan serta menuding Beijing tengah berupaya mengubah keseimbangan kekuatan di kawasan.

"Mereka tengah berusaha membuat status quo baru, menciptakan normalitas baru," ujar Kirby.

"Saya dengan tegas bisa memastikan kita tidak akan menerima status quo baru itu. Karenanya, suhu saat ini sangat tinggi," lanjutnya.

Kirby kemudian menambahkan, suhu bisa mereda jika Tiongkok berhenti melakukan latihan militer agresif serta menembakkan rudal ke wilayah Selat Taiwan. (AFP/OL-1)

Baca Juga

DOK Euphoria Retreat.

Kisah Penyintas Kanker Yunani Manfaatkan Pengobatan Tradisional Tiongkok

👤Meilani Teniwut 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 14:28 WIB
Ketika Marina Efraimoglou menjadi bankir sukses di usia dua puluhan dengan gelar master dari London School of Economics, tampaknya...
MANDEL NGAN / AFP

FBI Geledah Rumah Trump Cari Dokumen Rahasia Senjata Nuklir

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 14:00 WIB
Laporan itu muncul beberapa jam setelah jaksa agung, Merrick Garland, mengatakan dia secara pribadi telah mengesahkan permintaan pemerintah...
dok.AFP

Menhan Inggris Yakin Rusia Gagal Dalam Perang Ukraina

👤 Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 13:55 WIB
MENTERI pertahanan Inggris Ben Wallace, yakin Rusia tidak mungkin berhasil menduduki Ukraina. Sebab negara-negara Barat menjanjikan 1,55...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya