Jumat 05 Agustus 2022, 08:14 WIB

Korsel Luncurkan Satelit Bulan Pertama

Basuki Eka Purnama | Internasional
Korsel Luncurkan Satelit Bulan Pertama

AFP/Jung Yeon-je
Warga menonton berita peluncuran satelit Bulan Danuri menggunakan roket Space-X dari sebuah stasiun kereta di Seoul, Korsel.

 

SATELIT Bulan pertama milik Korea Selatan (Korsel) diluncurkan dari Amerika Serikat (AS), Kamis (4/8), untuk menjalani misi mengawasi Bulan dengan muatan yang berisi jaringan yang akan bisa mengirimkan data dari luar angkasa.

Danuri, permainan bahasa Korea untuk kata 'Bulan' dan 'nikmati', diterbangkan ke luar angkasa menggunakan roket Falcon 9 dari Cape Canaveral oleh perusahaan angkasa luar milik Elon Musk, SpaceX. Satelit itu ditargetkan mencapai orbit Bulan pada pertengahan Desember mendatang.

"Ini adalah tonggak sejarah dalam eksplorasi luar angkasa Korsel," ujar Presiden Insitut Penelitian Luar Angkasa Korea Lee Sang Ryool.

Baca juga: IIF Biayai Satelit Nusantara I

"Danuri hanyalah awal dan, jika kita lebih bertekad dan berkomitmen dalam perjalanan luar angkasa, kita akan bisa mencapai Mars, asteroid, dan benda luar angkasa lain di masa depan," lanjutnya.

Dalam misi yang akan berlangsung selama 3 tahun, Danuri akan menggunakan enam instrumen berbeda, termasuk kamera ultrasensitif yang disediakan NAsa untuk melakukan penelitian, termasuk k permukaan Bulan untuk menentukan lokasi pendaratan yang potensial untuk misi di masa mendatang.

Danuri juga akan menguji coba jaringan internet nirkabel untuk menghubungkan satelit atau pesawat luar angkasa.

Danuri akan memutar lagu BTS Dynamite untuk menguji jaringan nirkabel utu. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Disanksi Tiongkok, Taiwan Merapat ke AS

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 14:02 WIB
Amerika Serikat (AS) dan Taiwan mengumumkan peningkatan kerja sama perdagangan. Kesepakatan itu terjadi setelah Tiongkok menjatuhkan sanksi...
AFP

Tiongkok Latihan Militer Bersama Rusia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 13:55 WIB
KEMENTERIAN Pertahanan Beijing melaporkan pasukan Tiongkok akan melakukan perjalanan ke Rusia untuk mengambil bagian dalam latihan militer...
DOK Pribadi.

INH Salurkan Ratusan Paket Logistik Darurat untuk Korban Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 13:24 WIB
Agresi Israel di Jalur Gaza baru-baru ini meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi jutaan warga yang tinggal di daerah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya