Senin 01 Agustus 2022, 22:15 WIB

Tiongkok Teliti Potensi Susu Babi Dikonsumsi Manusia

Tiongkok Teliti Potensi Susu Babi Dikonsumsi Manusia

Dok MI
Peternakan babi

 

LEMBAGA penelitian hewan Shanghai, Tiongkok melakukan riset mengenai kemungkinan susu babi bisa menjadi konsumsi manusia sehari-hari.

"Susu babi telah mendapatkan banyak perhatian dan kami saat ini sedang melakukan penelitian tentangnya," kata Kepala Tim Penelitian Lembaga Peternakan dan Kedokteran Hewan, Shanghai Academy of Agricultural Sciences, Tan Yongsong, Senin (1/8)

Tan mengatakan, setelah penelitian pendahuluan dan uji coba, susu babi berpotensi bisa digunakan sebagai minuman harian pada masamendatang.

Menurut dia, susu babi warnanya putih susu, tidak memiliki rasa dan bau khusus. Kondisinya sama dengan susu sapi dan kambing.

Penelitian awal mendapati susu babi memiliki kadar nutrisi yang tinggi. Nutrisi susu babi mengandung energi, lemak, protein, laktosa, kalsium, sodium, dll.

Beberapa indikator kandungan gizi mendekati atau bahkan melebihi kadar gizi susu sapi dan susu kambing. Misalnya kandungan protein susu babi mencapai hampir 17 gram per 100 gram. Jumlahnya auh lebih tinggi daripada kandungan protein susu sapi atau kambing yang hanya 3 gram per 100 gram.

Hanya sedikit laporan penelitian mengenai susu babi di dunia. Tiongkok sendiri juga tidak ada pakar babi yang melakukan penelitian tersebut. Ia menambahkan, tujuan dari penelitiannya itu untuk memperkaya dan memenuhi kebutuhan berbagai kelompok konsumen. 

"Penelitian terhadap susu babi baru dimulai dan membutuhkan waktu relatif lama," pungkas Tan. (OL-8)

 

Baca Juga

DOK Pribadi.

INH Salurkan Ratusan Paket Logistik Darurat untuk Korban Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 13:24 WIB
Agresi Israel di Jalur Gaza baru-baru ini meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi jutaan warga yang tinggal di daerah...
Ist

ASAR Humanity Distribusikan Makanan Siap Santap untuk Warga di Jalur Gaza

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 13:05 WIB
Asar Humanity bersama mitranya yang berada di Jalur Gaza mendistribusikan ratusan paket makanan siap santap untuk warga yang terkena dampak...
Olivier DOULIERY / AFP

Meta Tetap Memblokir Akun Donald Trump Meski Berencana Jadi Capres

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 12:28 WIB
Meta, perusahaan induk Facebook, tetap memblokir akun milik Donald Trump meski pun dia berencana mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya