Rabu 13 Juli 2022, 17:38 WIB

Israel Harap Kunjungan Biden Awal Hubungan dengan Saudi

Mediaindonesia.com | Internasional
Israel Harap Kunjungan Biden Awal Hubungan dengan Saudi

AFP/Jack Guez.
Para pejabat membersihkan karpet merah di Bandara Ben Gurion Israel di Lod dekat Tel Aviv, 13 Juli 2022, menjelang kedatangan Presiden AS.

 

ISRAEL berharap kunjungan Presiden Amerika Serikat Joe Biden ke Timur Tengah akan menyambut awal hubungan diplomatik antara negara itu dan Arab Saudi. Ini disampaikan seorang pejabat senior Israel, Selasa (12/7).

Presiden AS akan tiba di Tel Aviv pada Rabu (13/7) untuk melakukan pembicaraan dengan pejabat Israel dan Palestina, sebelum melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi yang tidak mengakui negara Yahudi. "Fakta bahwa Presiden Biden mengunjungi Israel dan dari sini akan terbang langsung ke Arab Saudi merangkum banyak dinamika yang telah berkembang selama beberapa bulan terakhir," kata seorang pejabat senior Israel kepada wartawan yang meminta anonimitas.

"Kami berharap dan bertindak agar langkah-langkah yang kami lakukan saat ini hanyalah permulaan dan itu akan menjadi awal dari proses normalisasi," tambahnya. Israel memperluas jangkauan regionalnya dengan dukungan AS pada 2020 ketika meresmikan hubungan dengan Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Maroko.

Pada Januari 2021, pemerintah transisi Sudan juga setuju untuk melakukannya, tetapi Khartoum belum menyelesaikan kesepakatan itu. Terobosan diplomatik semacam itu terjadi beberapa dekade setelah perjanjian damai Israel dengan Yordania pada 1994 dan perjanjian 1979 dengan Mesir.

Di tengah kesepakatan normalisasi dengan negara-negara Arab, media Israel melaporkan bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk melakukan pembicaraan rahasia dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Perdana Menteri Israel Yair Lapid menolak untuk terlibat dalam pembicaraan langsung dengan Saudi.

Baca juga: Israel akan Pamer Laser Antidrone Iran saat Biden Datang

"Seperti negara lain di kawasan ini, kami memiliki kepentingan bersama yang berkaitan dengan Iran. Itu untuk memastikan bahwa Iran tidak menjadi negara nuklir," kata Lapid bulan lalu sebagai menteri luar negeri, sebelum diangkat sebagai perdana menteri. "Akhirnya yang ingin kami miliki yaitu perjanjian damai dengan Arab Saudi seperti yang kami inginkan di setiap negara lain di kawasan ini," tambahnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, para pejabat Israel telah mengisyaratkan bahwa Biden dapat mengumumkan inisiatif terkait dengan Israel selama kunjungannya ke kerajaan Teluk. Nasib dua pulau Laut Merah yang dapat digunakan untuk mengontrol akses ke pelabuhan Eilat Israel bisa jadi di atas meja.

Di bawah ketentuan perjanjian damai pada 1979, Israel harus menandatangani rencana Mesir untuk menyerahkan pulau-pulau itu ke Arab Saudi dengan imbalan dukungan keuangan. Penerbangan langsung antara Israel dan Arab Saudi juga bisa menjadi agenda, termasuk dalam rangka memfasilitasi ibadah haji bagi umat Islam ke kota suci Mekkah. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Christophe ARCHAMBAULT

Kuasa Hukum Assange Gugat CIA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 11:11 WIB
Mereka mengklaim hak mereka untuk mendapatkan perlindungan sebagai warga AS telah...
AFP

Raja Malaysia Tiba di Turki untuk Kunjungan Kenegaraan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 09:14 WIB
Raja Malaysia Sultan Abdullah tiba di Turki pada Senin (15/8) untuk melakukan kunjungan kenegaraan selama tujuh hari, menurut laporan...
AFP/Handout / MYANMAR MINISTRY OF INFORMATION

Pengadilan Myanmar Jatuhkan Vonis Enam Tahun untuk Suu Kyi dalam Kasus Korupsi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 05:15 WIB
Suu Kyi telah ditahan sejak pemerintahannya digulingkan oleh militer dalam kudeta pada 1 Februari tahun lalu yang mengakhiri periode...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya