Rabu 22 Juni 2022, 18:18 WIB

Gempa di Afghanistan Tewaskan Sedikitnya 920 Orang

Fetry Wuryasti | Internasional
Gempa di Afghanistan Tewaskan Sedikitnya 920 Orang

AFP
Ilustrasi gempa Afghanistan

 

SEDIKITNYA 920 orang tewas dan ratusan lainnya mengalami luka dalam gempa yang melanda Afghanistan, Rabu (22/6). Gempa terjadi sekitar 44 km dari kota Khost, dekat perbatasan Pakistan, pada kedalaman 51 km dengan kekuatan 5.9 magnitudo, kata Survei Geologi AS.

"Sejauh ini informasi yang kami dapat sedikitnya 920 orang tewas dan 600 oranga mengalami luka," kata Sharafuddin Muslim, Deputi Kementerian Manajemen Bencana dalam konfrensi pers di Kabul.

Getaran gempa dirasakan oleh sekitar 119 juta orang di Pakistan, Afghanistan, dan India, kata EMSC di Twitter. Foto-foto di media Afghanistan menunjukkan rumah-rumah menjadi puing-puing.

Kepala kementerian bencana alam pemerintahan Taliban, Mohammad Nassim Haqqani mengatakan sebagian besar kematian terjadi di provinsi Paktika, di mana sedikitnya 100 orang tewas dan 250 lainnya terluka. 25 orang lainnya tewas di kota Khost dan lima di provinsi Nangarhar, katanya, seraya menambahkan bahwa penyelidikan sedang dilakukan untuk menentukan apakah ada lebih banyak korban. Belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban di Pakistan.

Bencana itu terjadi ketika Afghanistan telah mengalami krisis ekonomi yang parah sejak Taliban mengambil alih kekuasaan pada Agustus ketika pasukan internasional pimpinan AS ditarik setelah dua dekade perang.

Menanggapi pengambilalihan Taliban, banyak pemerintah negara asing telah menjatuhkan sanksi pada sektor perbankan Afghanistan dan memotong bantuan pembangunan senilai miliaran dolar. (AFP/OL-15)

 

Baca Juga

AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Gubernur Texas Larang Pegawai Pemerintah Main TikTok

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 11:00 WIB
“TikTok memanen sejumlah besar data dari perangkat penggunanya, termasuk kapan, di mana, dan bagaimana mereka melakukan aktivitas...
AFP

Putin: Rusia Enggan Pakai Senjata Nuklir, kecuali Terdesak

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 10:50 WIB
PRESIDEN Rusia Vladimir Putin mengatakan ancaman perang nuklir meningkat. Tetapi dia menegaskan Moskow belum gila sehingga enggan...
AFP/Frederic J. BROWN

Elon Musk Sempat Tergusur dari Puncak Daftar Miliarder Forbes

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 08 Desember 2022, 07:15 WIB
Saat saham teknologi Amerika Serikat (AS) merosot seiring kekhawatiran resesi, nilai kekayaan Musk turun hingga di bawah keluarga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya