Sabtu 28 Mei 2022, 11:31 WIB

Balasan, Lima Diplomat Kroasia Diusir dari Rusia

Mediaindonesia.com | Internasional
Balasan, Lima Diplomat Kroasia Diusir dari Rusia

AFP
Ilustrasi

 

Setelah pada 11 April Kroasia mengusir 18 diplomat Rusia sebagai protes terhadap perang Rusia-Ukraina, kini Kementerian Luar Negeri Rusia pada Jumat (27/5) menyatakan lima diplomat Kroasia berstatus persona non grata.

Surat keterangan resmi perihal itu diserahkan kepada Duta Besar Kroasia untuk Rusia Tomislav Car, tulis kemlu di situs webnya.

"(Kepada) Tomislav Car disampaikan protes tegas sehubungan dengan upaya otoritas Kroasia yang tak berdasar untuk menyalahkan Rusia atas kejahatan militer di Ukraina dan bantuan militer dari pihak Kroasia kepada rezim neo-Nazi di Kiev," kata Kemlu Rusia.

Sedikitnya 3.998 warga sipil tewas dan 4.693 lainnya terluka sejak awal perang pada 24 Februari, menurut perkiraan PBB. Jumlah korban yang sebenarnya diyakini jauh lebih banyak.

Hampir 6,6 juta orang berhasil menyelamatkan diri ke sejumlah negara, sedangkan lebih dari 7,7 juta orang mengungsi di dalam negeri, menurut badan pengungsi PBB. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/Benoit PEYRUCQ

Pelaku Teror Paris Divonis Seumur Hidup

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 05:30 WIB
Salah Abdeslam, warga Prancis keturunan Maroko itu ditangkap hidup-hidup oleh kepolisian Prancis, empat bulan setelah aksi teror di Paris...
AFP/Sergei SUPINSKY

Ukraina Putuskan Hubungan dengan Suriah karena Akui Negara Separatis

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 04:52 WIB
Suriah memicu kemarahan Ukraina setelah menjadi negara pertama di dunia selain Rusia yang mengakui kemerdekaan kedua negara separatis itu,...
AFP/LOUAI BESHARA

Suriah Akui Kemerdekaan Dua Negara Separatis Ukraina

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 04:44 WIB
"Republik Arab Suriah memutuskan untuk mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Republik Rakyat Lugansk dan Republik Rakyat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya