Selasa 24 Mei 2022, 09:22 WIB

AS Sebut 20 Negara Tawarkan Paket Senjata Baru untuk Ukraina

Nur Aivanni | Internasional
AS Sebut 20 Negara Tawarkan Paket Senjata Baru untuk Ukraina

Antara
Ilustrasi

 

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan bahwa sekitar 20 negara menawarkan paket bantuan keamanan baru bagi Ukraina untuk memerangi pasukan Rusia dalam pertemuan dengan sekutu pada Senin.

Dalam pertemuan kedua mereka, hampir empat lusin negara dan organisasi yang membentuk Grup Kontak Pertahanan Ukraina bertemu secara daring untuk membahas membantu Ukraina. Dan, 20 negara menjanjikan senjata, amunisi dan pasokan lainnya untuk mendukung Kyiv.

Kelompok itu diberi pengarahan oleh Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov tentang situasi perang saat ini. "Hari ini, bersama dengan Menteri Reznikov dan timnya, kami memperoleh pemahaman yang lebih tajam dan sama tentang persyaratan prioritas Ukraina dan situasi di medan perang," kata Austin.

"Banyak negara menyumbangkan amunisi artileri yang sangat dibutuhkan, sistem pertahanan pantai dan tank serta kendaraan lapis baja lainnya," katanya. Yang lain, katanya, menawarkan pelatihan untuk militer Ukraina.

Dia mengatakan bahwa Denmark berkomitmen untuk mengirim sistem rudal anti-kapal Harpoon dan Republik Ceko menawarkan helikopter serang, tank dan sistem roket.

Tetapi Austin tidak akan memberikan perincian tentang apa yang termasuk dalam paket bantuan baru AS senilai $40 miliar untuk Ukraina, di tengah spekulasi bahwa itu dapat mencakup roket jarak jauh presisi tinggi yang dapat digunakan untuk menghantam wilayah Rusia.

Sejak pertemuan pertama kelompok itu di pangkalan AS di Jerman empat minggu lalu, kata Austin, momentum sumbangan dan pengiriman tersebut luar biasa.

Dia mengatakan kebutuhan Ukraina tidak banyak berubah sejak pertemuan sebelumnya, bahwa perang terus didorong oleh artileri, didukung oleh tank, drone dan peralatan lainnya. (AFP/OL-12)

Baca Juga

AFP/Sergei SUPINSKY

Ukraina Putuskan Hubungan dengan Suriah karena Akui Negara Separatis

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 04:52 WIB
Suriah memicu kemarahan Ukraina setelah menjadi negara pertama di dunia selain Rusia yang mengakui kemerdekaan kedua negara separatis itu,...
AFP/LOUAI BESHARA

Suriah Akui Kemerdekaan Dua Negara Separatis Ukraina

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 04:44 WIB
"Republik Arab Suriah memutuskan untuk mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Republik Rakyat Lugansk dan Republik Rakyat...
MI/Istana Kepresidenan/Agus Suparto

Jokowi Tawarkan Sampaikan Pesan Zelensky untuk Putin

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 04:24 WIB
Jokowi juga menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya