Jumat 20 Mei 2022, 12:56 WIB

Kanada Konfirmasi Dua Kasus Pertama Cacar Monyet

Mediaindonesia.com | Internasional
Kanada Konfirmasi Dua Kasus Pertama Cacar Monyet

Ist
Cacar monyet.

 

Badan Kesehatan Publik Kanada pada Kamis (19/5) mengonfirmasi dua kasus pertama infeksi virus cacar monyet di negara itu setelah otoritas di Provinsi Quebec mengatakan mereka tengah menginvestigasi 17 kasus yang dicurigai.

Sejumlah negara termasuk Portugal dan Spanyol telah melaporkan kasus cacar monyet dalam beberapa minggu terakhir, dengan kasus Amerika Serikat yang diidentifikasi pejabat Kesehatan Publik Massachussets pada (18/5) pada seorang pria yang baru-baru ini melakukan perjalanan ke Provinsi Quebec di Kanada.

“Malam ini, Provinsi Quebec mendapat informasi bahwa dua sampel yang diterima Laboratorium Mikrobiologi nasional (NML) telah dinyatakan positif cacar monyet. Ini adalah dua kasus pertama yang terkonfirmasi di Kanada,” kata Badan Kesehatan Publik Kanada (PHAC) dalam keterangannya.

Pihaknya menambahkan Kanada belum pernah melihat kasus cacar monyet.

Cacar monyet, yang sebagian besar terjadi di Afrika Barat dan Tengah, adalah infeksi virus langka mirip dengan cacar manusia, kendati lebih ringan.

Kasus itu pertama kali dilaporkan di Republik Demokratik Kongo pada 1970-an. Jumlah kasus di Afrika Barat sudah meningkat pada dekade terakhir.

Gejalanya termasuk demam, sakit kepala dan ruam kulit dimulai pada wajah dan menyebar ke seluruh tubuh.

Pejabat kesehatan di Montreal, kota terbesar Quebec, mengatakan kepada wartawan pada Kamis (19/5) pagi bahwa ada hubungan antara kasus cacar monyet AS di Massachusetts dan sejumlah kasus yang dicurigai di wilayah Montreal.

PHAC mengatakan warga AS yang baru-baru ini melancong ke Kanada dari AS dengan transportasi pribadi “kemungkinan telah terinfeksi sebelum atau selama” kunjungannya ke Montreal. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/Juan Mabromata

Menteri Ekonomi Argentina Mengundurkan Diri

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 09:00 WIB
Analis politik Carlos Fara mengatakan pengunduran diri Guzman adalah skat mat bagi otonomi Fernandez dan memberikan keunggulan bagi...
AFP/Mikhail KLIMENTYEV / Sputnik

Lukashenko Klaim Ukraina Tembakkan Rudal ke Belarus

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 08:15 WIB
Ukraina, pekan lalu, mengklaim rudal yang ditembakkan dari Belarus menghantam wilayah...
AFP/HO

Palestina Serahkan Peluru yang Bunuh Abu Akleh ke Tim Forensik AS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 07:45 WIB
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, bulan lalu, berjanji akan mencari pihak yang bertanggung jawab atas pembunuhan Abu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya