Kamis 21 April 2022, 16:20 WIB

AS Sebut Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua Rusia Bukan Ancaman

 Nur Aivanni | Internasional
AS Sebut Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua Rusia Bukan Ancaman

AFP/Alexender Nemenov
Rudal balistik antarbenua Sarmat milik angkatan bersenjata Rusia yang baru saja diuji coba di Plesetsk, Rusia, Rabu (20/4).

 

PENTAGON, pada Rabu (20/4), mengatakan bahwa uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) oleh Rusia tidak dipandang sebagai ancaman bagi AS dan sekutunya.

Juru Bicara Departemen Pertahanan AS John Kirby mengatakan bahwa Moskow memberi tahu Washington tentang uji coba tersebut menyusul kewajibannya berdasarkan perjanjian New START 2011, yang membatasi senjata nuklir kedua negara.

"Uji coba itu rutin dan itu tidak mengejutkan," kata Kirby kepada wartawan. "Pentagon tidak menganggap uji coba itu sebagai ancaman bagi Amerika Serikat atau sekutunya," ujarnya kepada wartawan.

Baca juga: Rusia Uji Coba Rudal Balistik, Putin Getrak Negara Sekutu NATO

Pada Rabu (20/40, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan uji coba ICBM Sarmat, dengan mengatakan itu akan membuat musuh Kremlin untuk berpikir dua kali.

"Senjata yang benar-benar unik ini akan memperkuat kemampuan tempur angkatan bersenjata kita, memastikan keamanan Rusia dari ancaman eksternal dan membuat mereka yang mencoba mengancam negara kita, berpikir dua kali," kata Putin kepada tentara dalam sambutan yang disiarkan televisi. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

Alexey DRUZHININ / SPUTNIK / AFP

Presiden Jokowi akan Bertemu Zelensky dan Putin, HMI: Langkah Sangat Tepat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:22 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan dua pemimpin negara yang sedang berperang, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan...
AFP

Hadapi Krisis Global, PBB Siapkan Dana Rp311 Miliar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:22 WIB
Di tengah ancaman krisis pangan hingga keuangan, 70 negara telah mengajukan proposal bantuan kepada PBB, dengan 69 negara di antaranya...
Eva Marie UZCATEGUI / AFP

NASA tunjuk 3 Perusahaan untuk Desain Sistem Tenaga Nuklir di Bulan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 15:00 WIB
Ketiga perusahaan tersebut antara lain Lockheed Martin dari Maryland, Westinghouse dari Cranberry Township, Pennsylvania serta IX dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya