Minggu 17 April 2022, 18:48 WIB

Meski Hubungan Dekat, Maroko Kutuk Tindakan Israel atas Palestina

Mediaindonesia.com | Internasional
Meski Hubungan Dekat, Maroko Kutuk Tindakan Israel atas Palestina

AFP/Abbas Momani.
Demonstran memperingati Hari Tahanan Palestina dan menyerukan pembebasan warga Palestina yang dipenjara Israel, Minggu (17/4).

 

MAROKO pada Sabtu (16/4) mengutuk tindakan Israel terhadap para jemaah Palestina di masjid al-Aqsa, Jerusalem, minggu ini. Padahal dua negara itu melakukan pemulihan ikatan diplomatik pada 2020.

Kerajaan mengekspresikan, "Kutukan tegas terhadap serangan pasukan pendudukan Israel ke masjid al-Aqsa, penutupan gerbang mereka, dan agresi mereka terhadap para jemaah salat tak bersenjata di kompleks masjid," kata pernyataan kementerian luar negeri.

Maroko, "Percaya bahwa agresi yang mencolok ini dan provokasi yang disengaja selama bulan suci Ramadan hanya akan mengobarkan kebencian dan ekstremisme dan mengurangi tanpa peluang setiap peluncuran proses perdamaian di wilayah tersebut," pernyataan itu menambahkan.

Lebih dari 150 orang terluka dalam bentrokan antara demonstran Palestina dan polisi Israel di kompleks al-Aqsa pada Jumat. Maroko memulihkan hubungan diplomatik dengan Israel pada akhir 2020 berdasarkan perjanjian yang ditengahi oleh administrasi Presiden Donald Trump yang juga menerima pengakuan atas klaim kedaulatan Barat atas daerah yang disengketakan.

Namun Maroko tetap menjadi ketua Komite Al-Quds (Jerusalem) dari Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Negara ini ditugaskan oleh blok negara Islam tersebut untuk melindungi Masjid Al-Aqsa dan warisan budaya Jerusalem timur yang dijajah Israel.

Baca juga: Bentrokan di Al-Aqsa Jerusalem kembali Pecah, 10 Luka

Raja Mohammed VI memberikan instruksi untuk kecaman Kerajaan atas tindakan Israel untuk diteruskan langsung ke kepala Kantor Penghubung Israel di Rabat, Kementerian Luar Negeri menambahkan. Kementerian memanggil PBB dan komunitas internasional untuk campur tangan mendesak untuk menghentikan pelanggaran dan agresi ini terhadap rakyat Palestina. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP

Jerman Laporkan Kasus Pertama Cacar Monyet pada Anak

👤Ant 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:52 WIB
Kasus tersebut menimpa seorang anak perempuan berusia 4 tahun yang tinggal serumah dengan dua orang dewasa yang...
AFP/GIORGIO VIERA

Republik Bela Trump yang Rumahnya Digeledah FBI

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 16:34 WIB
Politikus Partai Republik di DPR AS Kevin McCarthy mengatakan Departemen Kehakiman yang dipimpin Jaksa Agung Merrick Garland...
AFP

Tiongkok Rilis Buku Putih, Peringatkan Tidak akan Tolerir Separatis di Taiwan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 15:45 WIB
Dokumen tersebut menguraikan bagaimana Tiongkok bermaksud untuk mengklaim Wilayah Taiwan melalui berbagai insentif ekonomi dan tekanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya