Selasa 05 April 2022, 13:57 WIB

Jerman Terancam Hadapi Resesi Tajam Jika Rusia Hentikan Impor Minyak dan Gas

Mediaindonesia.com | Internasional
Jerman Terancam Hadapi Resesi Tajam Jika Rusia Hentikan Impor Minyak dan Gas

Antara
Ilusrasi

 

Jerman akan menghadapi resesi tajam jika impor atau pengiriman gas dan minyak Rusia dihentikan, pelobi bank terkemuka Jerman memperingatkan pada Senin (4/4).

Jerman, negara ekonomi terbesar Eropa, sangat bergantung pada Rusia untuk pasokan energi.

Bank-bank negara itu menyuarakan keprihatinan atas kemungkinan gangguan pasokan energi yang diungkapkan oleh sejumlah tokoh besar di industri dalam beberapa hari terakhir.

Kepala eksekutif Deutsche Bank Christian Sewing mengatakan dalam kapasitasnya sebagai presiden lobi asosiasi bank Jerman (BDB) bahwa bank-bank memperkirakan pertumbuhan yang melambat tajam sekitar 2 persen tahun ini akibat perang di Ukraina.

"Situasinya akan lebih buruk jika impor atau pasokan minyak dan gas alam Rusia dihentikan. Resesi yang signifikan di Jerman akan hampir tidak dapat dihindari," kata Sewing kepada wartawan.

"Pertanyaan tentang langkah-langkah bantuan pemerintah untuk perusahaan-perusahaan dan sektor-sektor akan menjadi lebih mendesak," ujarnya.

Sewing kembali meminta Bank Sentral Eropa (ECB) untuk bertindak untuk menepis inflasi.

Dia mengatakan ECB harus segera mengakhiri pembelian aset bersih dan harus mengirim sinyal dengan suku bunga. "Sebuah sinyal yang dibutuhkan segera," katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP

Sydney Dikepung Banjir, Ribuan Warga Dievakuasi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:55 WIB
Sejumlah pusat evakuasi telah dibuka di beberapa titik di wilayah Sydney. Warga pun diminta lebih waspada dan membatalkan rencana...
AFP

Warga Ohio Turun ke Jalan Protes Penembakan Lelaki Kulit Hitam oleh Polisi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:50 WIB
Jayland ditemukan tewas di area parkir mobil. Berdasarkan investigasinya tidak ada bukti Walker sempat melepaskan tembakan ke arah...
Bagus SARAGIH / AFP

Rusia Kuasai Lysychansk

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:38 WIB
Pengambilalihan Lysychansk oleh Rusia berarti Moskow telah memenangkan kendali atas seluruh wilayah Luhansk serta lebih dari setengah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya