Minggu 03 April 2022, 22:10 WIB

Warga Palestina Dihukum Seumur Hidup karena Bunuh Orang Prancis-Israel

Mediaindonesia.com | Internasional
Warga Palestina Dihukum Seumur Hidup karena Bunuh Orang Prancis-Israel

AFP/Hazem Bader.
Pria Palestina menyaksikan pasukan keamanan Israel menutup dan mengontrol pelanggaran di pagar penghalang dekat pos pemeriksaan Mitar.

 

PENGADILAN militer Israel pada Minggu (3/4) menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada seorang warga Palestina. Ini karena terdakwa memukuli sampai mati dengan batu seorang warga negara Prancis-Israel pada 2020 di Tepi Barat yang dijajah.

Esther Horgen, seorang ibu enam anak berusia 52 tahun, sedang jogging dan ditemukan tewas di hutan dekat permukiman Tal Menashe di wilayah Palestina yang dijajah Israel. "Mohammed Cabha, yang didakwa setelah pengakuannya dan dinyatakan bersalah atas pembunuhan berencana terhadap Esther Horgen pada 20 Desember 2020, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup," kata militer Israel dalam suatu pernyataan.

Cabha, yang dinyatakan bersalah pada Oktober, "Berulang kali memukul kepala Horgen dengan batu menyebabkan kematiannya," tambah pernyataan pengadilan. Dia juga diperintahkan untuk membayar tiga juta shekel (US$935.000) kepada keluarga Horgen.

"Ini melegakan karena sidang sudah berlalu, tetapi ini tidak ada kenyamanan," kata Benjamin Horgen, duda korban. Dia menyesalkan bahwa para pemimpin Palestina menghasut serangan terhadap Israel. 

Baca juga: Pasukan Israel Bunuh Tiga Militan Palestina saat Kekerasan Menguat

Tentara Israel telah menduduki Tepi Barat sejak Perang Enam Hari 1967. Warga Palestina di Tepi Barat diadili oleh pengadilan militer Israel, tetapi pemukim tunduk pada sistem hukum sipil Israel.

Horgen termasuk di antara sekitar 475.000 pemukim Yahudi yang tinggal di komunitas Tepi Barat yang secara luas dianggap ilegal menurut hukum internasional. Pembunuhannya memicu kemarahan di Israel dan menjadi berita utama di negara asalnya, Prancis.

Hukuman itu datang menyusul gelombang kekerasan baru-baru ini di Israel dan Tepi Barat yang diduduki. Sebanyak 11 orang tewas dalam serangan di Israel sejak 22 Maret, termasuk beberapa yang dilakukan oleh penyerang yang terkait atau terinspirasi oleh kelompok ISIS.

Baca juga: ISIS bakal Menjadi Musuh Baru Israel?

Selama periode yang sama, delapan warga Palestina tewas, menurut penghitungan AFP, termasuk dua penyerang dalam serangan anti-Israel dan enam orang yang dikatakan Israel telah melakukan serangan atau akan melakukannya. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Bo Amstrup / Ritzau Scanpix

Ratu Margrethe II Resmikan Museum Pengungsi di Denmark

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 28 Juni 2022, 13:45 WIB
Museum bernama Flugt itu menghadirkan kisah para pengungsi dimulai dengan orang Jerman yang melarikan diri dari Uni Soviet selama Perang...
AFP

BRICS akan Memperluas Keanggotaan Indonesia Diajak Bergabung

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 28 Juni 2022, 13:12 WIB
NEGARA-negara anggota BRICS, yakni Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan, mengatakan akan memperluas keanggotaan mereka....
Alexey DRUZHININ / SPUTNIK / AFP

Presiden Rusia Vladimir Putin Pastikan Hadir di KTT G20

👤Adiyanto 🕔Selasa 28 Juni 2022, 12:31 WIB
Meski begitu, Ushakov masih belum bisa memastikan apakah Putin akan menghadiri KTT itu secara langsung atau melalui tautan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya